Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Sosialisasi BNP2TKI: Kenapa Tak Boleh Jadi TKI, Pemerintah Bisa Jamin Kerja?

BISNIS.COM, TANGERANG -- Pemerintah tidak mendorong warga menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri. "Jangan salah dengan sosialisasi ini, pemerintah tidak mendorong-dorong atau membujuk-bujuk warganya menjadi TKI. Lebih baik bekerja di dalam negeri,"

BISNIS.COM, TANGERANG -- Pemerintah tidak mendorong warga menjadi tenaga kerja Indonesia di luar negeri.

"Jangan salah dengan sosialisasi ini, pemerintah tidak mendorong-dorong atau membujuk-bujuk warganya menjadi TKI. Lebih baik bekerja di dalam negeri," kata Agusdin Subiantoro, Deputi Penempatan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia, pada sosialisasi program kerja BNP2TKI di Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa malam (2/7).

Acara bertema "Bersama TKI Membangun Negeri" yang dihadiri ribuan orang di Lapangan Kecamatan Kemiri itu dimeriahkan kesenian tradisional Lenong Betawi dan gambang kromong dari grup Mali Tong Tong.

Agusdin menegaskan pemerintah mengarahkan warganya untuk mengabdi dan bekerja di dalam negeri.

Namun, katanya, pemerintah mengakui bahwa lapangan dan peluang kerja di dalam negeri masih terbatas sehingga membuat warganya memilih bekerja di luar negeri.

"Pemerintah tidak bisa mencegah karena mencari pekerjaan dan mendapatkan kehidupan yang lebih layak dan sejahtera merupakan hak asasi manusia. Mereka yang rela bekerja di luar negeri adalah orang yang dinamis, bersemangat, dan bertanggung jawab serta mau mengubah nasib," katanya.

Untuk itu, kata Agusdin, tugas pemerintah adalah memfasilitasi mereka yang ingin bekerja ke luar negeri untuk menempuh prosedur resmi yang diatur pemerintah dan memenuhi berbagai persyaratan administrasi dan kemampuan serta keterampilan kerja.

Melalui sosialisasi itulah, katanya, pemerintah Ingin menjelaskan kepada masyarakat bagaimana menjadi TKI secara benar.

"Pemerintah ingin masyarakat yang ingin menjadi TKI melalui prosedur yang benar secara administrasi, jangan terkecoh bujuk rayu dari calo atau oknum tak bertanggung jawab," katanya.

Agusdin menegaskan pemerintah memberi perhatian serius dalam proses penempatan dan perlindungan TKI. "Pemerintah berusaha memberikan pelayanan terbaik," katanya.

Hadir pada sosialisasi itu antara lain Direktur Sosialisasi dan Kelembagaan Penempatan BNP2TKI Rohyati Sarosa, Kepala Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (BP3TKI) Serang Amanullah, dan Camat Kemiri Wasidi.

Sosialisasi BNP2TKI di Tangerang itu merupakan kegiatan ke-12 dari 13 kabupaten sejak 2 bulan terakhir ini.

Sebelumnya sosialisasi berlangsung di Kabupaten Banyuwangi, Malang, Tulungagung, dan Ponorogo (Jawa Timur), Pemalang dan Cilacap (Jawa Tengah), Cirebon, Garut, dan Sukabumi (Jawa Barat), Lampung Timur (Lampung), dan Sijunjung (Sumbar).

Sosialisasi BNP2TKI tahun ini akan berakhir di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, pada Rabu (3/7). (Antara)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper