KOMPUTER DESKTOP: China Jadi Pasar Utama Dunia

Fajar Sidik
Selasa, 30 April 2013 | 06:55 WIB
Bagikan

BISNIS.COM, SAN FRANCISCO - China menumbangkan Amerika Serikat sebagai pasar utama bagi komputer pribadi pada tahun lalu, karena adanya permintaan di kawasan perdesaan terhadap desktop, demikian periset pasar IHS iSuppli.

Pengiriman komputer pribadi (PC) ke China mencapai 69 juta unit pada 2012, sementara 66 juta unit dikirim ke Amerika Serikat, saat "booming" popularitas tablet dan telepon pintar (smartphone) telah memakan penjualan laptop atau komputer desktop, IHS melaporkan pada Senin (29/4/2013).

"China naik menjadi pasar utama PC untuk pertama kalinya pada basis tahunan pada tahun lalu, menggeser Amerika Serikat ke tempat kedua," kata IHS dalam laporan Ringkasan Dinamika Pasar PC.

Tidak seperti bagian lain dari dunia di mana penjualan komputer desktop telah tertinggal di belakang model-model laptop, permintaan di China terbagi rata antara kategori-kategori itu, menurut IHS.

"Persentase yang relatif besar dalam pengiriman desktop PC di China adalah karena permintaan besar di daerah pedesaan di negara itu, yang merupakan segmen utama 1,34 miliar warga negara," kata analis IHS Peter Lin. "Konsumen ini cenderung memilih bentuk desktop."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini di sini:

Penulis : Fajar Sidik
Editor : Fajar Sidik
Sumber : Newswire/Antara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Topik-Topik Pilihan

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper