Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IKM Batam Latihan Implementasi Standar Mutu

BISNIS.COM, BATAM - Sebanyak 63 pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Batam dilatih agar mengimplementasikan standar mutu dengan gugus kendali mutu atau quality control. Deputi II Bidang Pelayanan Jasa Badan Pengusahaan Batam Fitrah Kamaruddin

BISNIS.COM, BATAM - Sebanyak 63 pelaku industri kecil dan menengah (IKM) di Batam dilatih agar mengimplementasikan standar mutu dengan gugus kendali mutu atau quality control.

Deputi II Bidang Pelayanan Jasa Badan Pengusahaan Batam Fitrah Kamaruddin mengungkapkan dengan program pembinaan gugus kendali mutu itu diharapkan akan mempercepat industri kecil dan menengah kota ini untuk meningkatkan produktivitas dan sekaligus mendukung penguatan daya saya saing IKM setempat.

"kami ingin mendorong industri kecil dan menengah termasuk ritel kecil untuk menjadi besar dengan pembinaan kendali mutu," kata dia di sela-sela seminar gugus kendali mutu IKM Batam, Selasa (23/4/2013).

Dia mengatakan IKM di Batam saat ini belum mengalami kemajuan pesat seperti IKM yang ada di Pulau Jawa. Padahal IKM seharusnya bertumbuh sejalan dengan industri besar yang ada di Batam.

BP Batam sendiri melihat IKM di sudah mulai sangat maju di kota-kota yang ada di Pulau Jawa seperti di Yogyakarta.

Namun dia mengakui saat ini IKM di Batam yang bergerak di bidang percetakan, sablon dan advertising sudah mulai pesat berkembang.

"Usaha sablon dan iklan yang dimulai dari kecil sekarang banyak yang sudah besar," kata dia.

Dia menilai IKM di Batam sebenarnya tidak mengalami kendala dari sisi permodalan mengingat banyaknya perbankan yang beroperasi di Batam.

Namun selama ini banyak IKM yang belum menguasai manajemen industri termasuk menerapkan gugus kendali mutu.

"Ternyata bukan modal, tapi manajemennya salah," tutur dia.

Asneri, Kasi Industri Skala Kecil dan Menengah Direktorat Lalu Lintas Barang BP Batam mengatakan program gugus kendali mutu yang dikenalkan BP Batam ke IKM ini adalah bagian kerja dari inkubasi untuk IKM yang ada di kota ini.

Dia menyebutkan dalam seminar kali ini banyak didominasi IKM PMA-PMDN dan sisanya yakni pelaku UKM.

"Kebanyakan mereka bergerak di usaha makanan, handicraft, batik dan kaos oblong," kata dia.

Menurutnya saat ini terdapat 139 IKM yang sudah terdaftar di Pemkot Batam untuk mendapatkan pembinaan teknis dari Pihak Pemkot. Sementara BP Batam siap memberi bantuan dari sisi pengelolaan manajemen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Chandra Gunawan

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper