Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERDAGANGAN: Mendag Dukung Pasar Aman Bahan Berbahaya

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementarian Perdagangan mendukung program pencanangan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya terkait dengan UU tentang Perlindungan Konsumen. Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan konsumen berhak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan

BISNIS.COM, JAKARTA--Kementarian Perdagangan mendukung program pencanangan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya terkait dengan UU tentang Perlindungan Konsumen.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan konsumen berhak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan jasa. Program ini akan berlangsung selama 3 tahun dengan target sebanyak 108 pasar contoh yang tersebar di 84 kabupaten/kota pada 31 propinsi.

"Saya sangat mengapresiasi upaya BPOM yang telah menginisiasi program ini dan sekaligus pemerintah daerah DKI Jakarta yang mendukung mewujudkan masyarakat Indonesia bebas bahan kimia dan zat berbahaya lain," kata Gita dalam kunjungannya di Pasar Jaya Cibubur, Jumat (19/4/2013).

Program yang digagas oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) ini sebagai upaya mengendalikan peredaran bahan berbahaya di pasar tradisional berbasis pada pemberdayaan komunitas pasar.

Nantinya, pedagang, pekerja, pengelola, asosiasi, dan masyarakat akan melakukan pengawasan mandiri.

Implementasi program ini dilaksanakan melalui lima strategi utama yakni perkuat pengawasan pasar, peningkatan kesadaran komunitas pasar, peningkatan sumber daya manusia, replika pasar contoh, dan optimalisasi manajemen aksi program.

Gita berharap program ini bisa menjadi penggerak pemangku kepentingan terkait di daerah untuk berperan aktif dalam mendukung dan memonitor implementasinya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper