Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANJIR JAKARTA: Frekuensinya Tertinggi di Indonesia

BISNIS.COM, JAKARTA--Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum mencatat DKI Jakarta menjadi provinsi tertinggi yang mengalami kenaikan frekuensi banjir dalam 1 tahun terakhir.Direktur Sungai dan Pantai SDA Kementerian PU Pitoyo Subandrio mengatakan

BISNIS.COM, JAKARTA--Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum mencatat DKI Jakarta menjadi provinsi tertinggi yang mengalami kenaikan frekuensi banjir dalam 1 tahun terakhir.

Direktur Sungai dan Pantai SDA Kementerian PU Pitoyo Subandrio mengatakan pada 2012 frekuensi banjir di Jakarta 35 dan pada 2013 naik menjadi 54. Kemudian diikuti dengan provinsi Jambi dan Kalimantan Tengah.

Menurutnya, meningkatnya frekuensi banjir tidak semata karena faktor alam akan tetapi human error juga turut serta.

Oleh karena itu, pihaknya saat ini tengah mengupayakan penanggulangan banjir di Jakarta, salah satunya melalui pembangunan sodetan Ciliwung.

Sebelumnya, pemerintah DKI juga sempat menggadangkan rencana pembangunan deep tunnel.

"Ya satu-satu dulu. Ini sodetan kita lihat dulu, apakah bisa nanggulangin banjir atau enggak, jangan semua-semuanya dibangun," ujarnya hari ini, Kamis (18/4/2013).

Dia mencontohkan proyek Kanal Banjir Timur berhasil menangani banjir sehingga pihaknya akan berlaku bijak untuk menentukan proyek penanganan banjir ke depannya.

Seperti yang diketahui, proyek sodetan ciliwung di bagi ke dalam empat paket dengan nilai proyek masing-masing proyek Rp300 miliar, sedangkan proyek terowongannya bernilai Rp700 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper