Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Garuda Indonesia Perluas Jaringan Penerbangan

BISNIS.COM, JAKARTA -- Maskapai Garuda Indonesia memperluas jaringan penerbangan khususnya di domestik dengan membuka tiga rute baru dari Medan ke beberapa kota di Sumatera yaitu Medan – Batam, Medan – Padang, Medan – Palembang

BISNIS.COM, JAKARTA -- Maskapai Garuda Indonesia memperluas jaringan penerbangan khususnya di domestik dengan membuka tiga rute baru dari Medan ke beberapa kota di Sumatera yaitu Medan – Batam, Medan – Padang, Medan – Palembang dan satu rute lainnya, Padang – Pekanbaru.

VP Corporate Communication Garuda Indonesia Pujobroto mengatakan pembukaan tiga rute dari Medan dan satu dari Padang  dimulai Senin, 15 April 2013. Rute baru ini  merupakan bagian dari rencana pengembangan Medan sebagai pusat distribusi (hub) keempat Garuda setelah Jakarta, Denpasar, dan Makassar, untuk meningkatkan konektivitas dikawasan regional Indonesia bagian Barat.   

"Rute-rute penerbangan tersebut dilayani setiap hari dengan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen dengan kapasitas 96 kursi, terdiri dari 12 kursi di Kelas Eksekutif dan 84 kursi di Kelas Ekonomi," kata Pujobroto dalam  rilisnya, Minggu malam (14/4/2013). 

Pujobroto menjelaskan penerbangan Medan – Batam (GA 270), berangkat dari Medan pukul 10.40 WIB dan tiba di Pekanbaru pukul 12.00 WIB. Penerbangan Batam – Medan GA 271, berangkat dari Batam pukul 12.45 WIB dan tiba i Medan pukul 14.05 WIB. 

Penerbangan Medan – Padang (GA 262), berangkat dari Medan pukul 14.50 WIB dan tiba di Padang pukul 16.00 WIB. Sementara penerbangan Padang - Medan (GA 263), berangkat dari Padang pukul 19.45 WIB dan tiba di Medan pukul 20.50 WIB. Medan – Palembang (GA 266), berangkat dari Medan pukul 06.00 WIB dan tiba di alembang pukul 07.40 WIB. 

Sejalan dengan pengembangan hub Medan, lanjut Pujobroto, kedepannya para pengguna jasa dari Batam, Padang, dan Palembang akan dapat meneruskan perjalanan dari Medan ke kota – kota destinasi internasional di kawasan 
seperti Singapura, Kuala Lumpur dan Penang, yang segera akan dibuka. 

Direktur Utama Garuda Indonesia Emirsyah Satar mengatakan bahwa pengembangan Medan sebagai hub Garuda Indonesia ke empat merupakan bagian dari program Quantum Leap 2011- 2015 Garuda Indonesia, untuk peningkatkan konektivitas di regional Indonesia Barat. 

“Untuk mendukung terus tumbuhnya bisnis, perdagangan dan wisata nasional, Garuda Indonesia secara terus menerus meningkatkan konektivitas di wilayah Indonesia Timur dan Barat melalui pembukaan hub dan pengembangan jaringan penerbangan baru,” kata Emirsyah. 

Selain rute-rute tersebut di atas, imbuh Emirsyah, seiring dengan kedatangan pesawat – pesawat baru, Garuda Indonesia juga akan membuka beberapa rute-rute baru di domestik dalam waktu dekat, antara lain; Batam – Pekanbaru dan Medan – Pekanbaru yang dilaksanakan mulai 1 Mei, Jakarta – Bengkulu, Jakarta – Tanjung Pandan mulai 15 Mei, Surabaya – Denpasar mulai 19 Mei, dan rute internasional Medan – Penang mulai 1 Juni 2013. Pembukaan rute – rute tersebut menggunakan pesawat Bombardier CRJ1000 NextGen dengan kapasitas 96 kursi, terdiri dari 12 kursi di Kelas Eksekutif dan 84 kursi di Kelas Ekonomi. 

Garuda Indonesia juga membuka rute Denpasar – Bandung dan Balikpapan – Denpasar mulai 18 Mei untuk peningkatkan bisnis dan pariwisata antar kota – kota tersebut dengan menggunakan pesawatBoeing 737-800 NG dengan kapasitas 156 kursi, terdiri dari 12 kursi di Kelas Eksekutif dan 144 kursi di Kelas Ekonomi.

Melalui Denpasar para pengguna jasa dari bandung dan Balikpapan akan dapat meneruskan perjalanan ke kota – kota tujuan internasional lainnya di Australia, China, Jepang dan Korea. 

Selain itu, untuk meningkatkan konektivitas antar HUB, Garuda Indonesia dalam waktu dekat juga engembangkan penerbangan antar HUB yang disebut Hub Bypass seperti Medan – Makassar, Medan – Denpasar, Medan – Surabaya. 

Tentunya rute – rute “hub bypass” tersebut akan semakin meningkatkan kenyamaman para pengguna jasa khususnya efiseinsi dalam waktu penerbangan karena tidak perlu lagi melakukan pindah pesawat (transfer) di Jakarta. 

Garuda Indonesia juga akan membuka rute penerbangan Balikpapan – Banjarmasin, Balikpapan – Menado,  Balikpapan – Berau dan Jakarta – Tanjung Pinang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper