Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN Patok Target Elektrifikasi Sulteng 70%

JAKARTA--PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mematok target rasio elektrifikasi di Sulawesi Tengah (Sulteng) mencapai 70% hingga akhir tahun ini. Target tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi rasio elektrifikasi pada 2012 yang sebesar

JAKARTA--PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) mematok target rasio elektrifikasi di Sulawesi Tengah (Sulteng) mencapai 70% hingga akhir tahun ini. Target tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan realisasi rasio elektrifikasi pada 2012 yang sebesar 60%.

Manajer PLN Area Palu, Suroso mengatakan pihaknya akan berupaya mendapatkan tambahan 50.000 pelanggan baru untuk merealisasikan target rasio elektrifikasi sebesar 70% itu. Pelanggan baru itu juga nantinya akan menambah jumlah pelanggan golongan rumah tangga di Sulteng yang saat ini berjumlah 424.000 pelanggan.

"Target 50.000 pelanggan baru PLN itu nantinya diharapkan dari Palu sebanyak 30.000, Toli-toli sebanyak 10.000, dan dari area Luwuk sebanyak 10.000 pelanggan," katanya melalui siaran persnya di Jakarta, Jumat (22/2).

Palu memang mencatatkan pertumbuhan konsumsi yang paling tinggi pada 2012 lalu. Beban puncak sistem kelistrikan di Palu pada 2012 lalu menapai 83 megawatt (MW), tumbuh 20% dibandingkan 2011 yang sebesar 65 MW.

Direktur Konstruksi PLN Nasri Sebayang mengatakan saat ini pihaknya memang tengah membangun sistem interkoneksi kelistrikan di Sulawesi. Nantinya, sistem tersebut akan menghubungkan seluruh jaringan listrik yang ada di Pulau tersebut.

"PLN saat ini sedang membangun transmisi untuk menyalurkan listrik dari PLTA Sulewana ke Kota Poso dan juga ke Kota Palu," jelasnya.

Menurutnya, diperlukan peran pemerintah daerah untuk mempercepat pembangunan tower transmisi yang nantinya digunakan untuk sistem interkoneksi kelistrikan Sulawesi. Pasalnya, selama ini perseroan kerap mendapat permasalahan saat melakukan pembebasan lahan untuk tapak tower dan jalur transmisi.

Sementara itu Longki L Djanggola, Gubernur Sulawesi Tengah mengatakan banyak sumber energi baru dan terbarukan yang dapat dikembangkan untuk pembangkit listrik di wilayahnya. "Sulteng memiliki banyak potensi sumber energi, terutama energi baru dan terbarukan, seperti air, gas dan panas bumi yang dapat dimanfaatkan menjadi sumber penghasil listrik," tuturnya.

Pemerintah Provinsi Sulteng pun berharap PLN mau memperbanyak infrastruktur kelistrikan di Sulteng, sehingga target rasio elektrifikasi dapat terpenuhi. Dengan begitu diharapkan seluruh masyarakat Sulteng dapat menikmati listrik untuk kebutuhan hidup sehari-harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Lili Sunardi
Editor : Others
Sumber : lili sunardi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper