Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KADIN: Produk Indonesia-Jerman Saling Melengkapi

JAKARTA—Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia menilai hubungan kerjasama Indonesia-Jerman sangat penting dan saling menguntungkan. Hal ini dikarenakan produk kedua negara saling melengkapi. Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan

JAKARTA—Kamar Dagang dan Industri atau Kadin Indonesia menilai hubungan kerjasama Indonesia-Jerman sangat penting dan saling menguntungkan. Hal ini dikarenakan produk kedua negara saling melengkapi.
 
Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Perdagangan dan Hubungan Internasional Chris Kanter menjelaskan kerjasama ini lebih menguntungkan dibandingkan dengan China yang memproduksi barang konsumsi serupa dengan Indonesia.
 
“Mereka [Jerman] kebanyakan produk high technology. Consumer goods tidak mereka produksi sehingga ini merupakan potensi untuk Indonesia. Begitu juga dengan produk supporting industry Jerman yang berasal dari Indonesia,” ujar Chris kepada Bisnis, Senin (11/2/2013).
 
Beberapa perusahaan Jerman, tambahnya, tertarik untuk berinvestasi di bidang infrastruktur, bahan kimia, hingga sumber daya mineral.
 
Pihaknya juga mendorong pemerintah untuk segera merealisasikan Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Uni Eropa (EU). Hanya, EU mempunyai standar ramah lingkungan yang tinggi.
 
Dengan realisasi CEPA ini dia berharap dapat menghasilkan capacity building untuk meningkatkan kualitas produk Tanah Air. (fsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajar Sidik
Editor : Others
Sumber : Rio Sandy Pradana
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper