KTT ASEAN-INDIA:Volume dagang 2012 capai US$75 miliar

JAKARTA—Volume perdagangan antara negara di kawasan Asean dan India diyakini akan mampu mencapai US$75 miliar sampai dengan akhir 2012.
Martin-nonaktif
Martin-nonaktif - Bisnis.com 21 Desember 2012  |  18:08 WIB

JAKARTA—Volume perdagangan antara negara di kawasan Asean dan India diyakini akan mampu mencapai US$75 miliar sampai dengan akhir 2012.

Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi  Firmanzah  mengatakan  pemimpin negara Asean-India dalam pertemuan KTT Asean-India di New Delhi, India (20/12/2012) sepakat untuk meningkatkan volume perdagangan tersebut, dengan membuat sejumlah  kesepakatan yang akan dirinci  lebih lanjut.

“Volume perdagangan  Asean-India sekitar US$75  miliar sampai akhir 2012.  [Dalam] pertemuan leaders [di KTT Asean-India] semua ingin  meningkatkan volume perdagangan,” kata Firmanzah menjawab pertanyaan wartawan di bandara Halim Perdanakusuma Jumat (21/12/2012).

Firmanzah mengatakan  target  volume perdagangan yang ingin dicapai antara negara di Asean dan India  diharapkan bisa mencapai angka US$100 miliar sampai dengan 2015.

Untuk meningkatkan volume perdagangan Asean-China,  ujar dia, nantinya akan ada pertemuan  tingkat menteri dan tingkat yang lebih detil  lagi untuk membahas tentang sejumlah kesepakatan.

“Pemimpin  Asean dan India sepakat meningkatkan itu [perdagangan], tapi caranya dan bagaimana  operasionalnya nanti akan dibahas lebih detil lagi,” kata Firmanzah.

Firmanzah mengatakan saat ini karakteristik  masing-masing negara di Asean dengan India berbeda satu dengan lainnya, seperti halnya antara Indonesia dan India, Singapura dengan India , Thailand dengan  India.

Sementara untuk dibuat penyeragaman, tambahnya, agak sulit dilakukan. Untuk itu perlu ada diskusi lebih detil lagi menyangkut butir kesepakatan  dalam kerangka kerja sama Asean-India. (Foto:setkab.go.id) (msb)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Linda T Silitonga

Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top