Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri MINUMAN RINGAN tolak pengenaan cukai

JAKARTA: Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) menolak pengenaan cukai pada minuman bersoda, yang diwacanakan akan diterapkan oleh pemerintah.Pengenaan cukai pada minuman bersoda/berkarbonasi tidak tepat. Sebab, minuman bersoda tidak memenuhi

JAKARTA: Asosiasi Industri Minuman Ringan (Asrim) menolak pengenaan cukai pada minuman bersoda, yang diwacanakan akan diterapkan oleh pemerintah."Pengenaan cukai pada minuman bersoda/berkarbonasi tidak tepat. Sebab, minuman bersoda tidak memenuhi karakteristik produk yang layak dikanakan cukai berdasarkan UU No. 23/2007," kata Suroso Natakusuma, Sekjen Asrim, di Jakarta, Senin (17/12/2012).Dia menuturkan minuman bersoda tidak memberi dampak negatif apapun bagi masyarakat, baik dari segi moral maupun kesehatan."Seluruh proses produksinya dilakukan dengan standar mutu yang sesuai dengan standar global, dan bahan bakunya semua sesuai dengan aturan keamanan pangan yang ditetapkan oleh instansi berwenang (Badan Pengawas Obat dan Makanan/Badan POM)," ujarnya.Dia mengatakan berbeda dengan minuman alkohol, minuman bersoda memenuhi standar halal, dan disertifikasi oleh lembaga sertifikasi halal yang berwenang, yaitu LPPOM MUI dan diaudit secara berkala.Para produsen, lanjutnya, juga telah memenuhi semua ketentuan pemerintah dalam bidang pelestarian lingkungan. Antara lain penggunaan sumber air sesuai dengan ketentuan Direktorat Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta instansi terkait lainnya.Suroso memaparkan konsumsi minuman berkarbonasi di Indonesia masih sangat rendah, dibandingkan dengan negara lain dan dibandingkan dengan produk konsumsi lainnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper