Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TRUK PELABUHAN: Pelindo II & Organda DKI Latih Sopir Angkutan Pelabuhan

JAKARTA: Indonesia Port Corporation (IPC)/PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II cabang Tanjung Priok bekerjasama dengan Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) DKI Jakarta melaksanakan pelatihan bagi seluruh pengemudi truk trailer yang melayani angkutan

JAKARTA: Indonesia Port Corporation (IPC)/PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II cabang Tanjung Priok bekerjasama dengan Organda Angkutan Khusus Pelabuhan (Angsuspel) DKI Jakarta melaksanakan pelatihan bagi seluruh pengemudi truk trailer yang melayani angkutan barang dan peti kemas dari dan ke pelabuhan tersibuk di Indonesia itu.

Ketua Organda Angsuspel DKI Jakarta Gemilang Tarigan mengatakan  program pelatihan bagi Sopir Trailler tersebut direncanakan berlangsung mulai awal 2013 yang akan dilaksanakan secara bertahap.

“Ada lebih dari 20.000 Pengemudi  saat ini yang mengoperasikan armada pelabuhan di Tanjung Priok. Mereka mesti menerima pelatihan untuk mendukung kelancaran kegiatan  jasa kepelabuhanan di Tanjung Priok,” ujarnya kepada Bisnis hari ini, Jumat (14/12/2012).

Gemilang mengatakan, untuk melaksanakan pelatihan Sopir trailler tersbut saat ini telah di bentuk Tim Khusus Penyelenggara Pelatihan tersebut yang berasal dari unsur Pelindo II dan Pengurus Organda DKI Jakarta.

“Kami juga akan melibatkan instansi terkait [Kementerian Perhubungan] maupun Kepolisian RI untuk pemberian materinya sekaligus proses sertifikasi pengemudi nantinya,” jelasnya.

Program pelatihan itu, kata dia, juga berdasarkan Surat Keputusan Bersama Direksi Pelindo II  dan Pengurus Dewan Pimpinan Unit (DPU) Organda Angsuspel DKI, nomor : UM.338/5/5/PI.II-12 dan momor:037/DPU-AKP/XI/2012 tentang Penyelenggaran Pelatihan Pengemudi Truk/Trailler di Pelabuhan Tanjung Priok.

“Seluruh biaya pelatihan kegiatan tersebut ditanggung oleh Pelindo II,” tuturnya.

Dia mengatakan, saat ini terdapat 12.000 armada pengangkut barang dan peti kemas yang beroperasi melayani pelabuhan Tanjung Priok, dengan jumlah Sopir mencapai 20.000 orang.

“Peran pengemudi trailler sangat vital bagi kelancaran arus barang termasuk saat proses distribusi dilakukan untuk menghindari antrean di dermaga maupun kemacetan di jalan raya,” paparnya.(JIBI/k1/sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Sutarno
Sumber : Akhmad Mabrori

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper