Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KERJA SAMA KOPERASI: Dekopin & Angkasa-Malaysia Bersinergi

JAKARTA—Dewan Koperasi Indonesia bersama Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia bersinergi membangun gerakan koperasi di Asia Pasifik pasca Nurdin Halid terpilih menjadi Vice President International Cooperative Alliance Asia Pacific. Ilham

JAKARTA—Dewan Koperasi Indonesia bersama Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia bersinergi membangun gerakan koperasi di Asia Pasifik pasca Nurdin Halid terpilih menjadi Vice President International Cooperative Alliance Asia Pacific. Ilham Nasai, Ketua Bidang Hubungan Luar Negeri Dewan Koperasi Indonesia (Dekopin), mengatakan sinergi tersebut menempatkan kedua negara memiliki dan mengemban tugas masing-masing sesuai kompetensinya. ”Malaysia melalui Angkatan Koperasi Kebangsaan Malaysia (Angkasa) dipercayakan mendirikan perwakilan International Cooperative Alliance (ICA) untuk kawasan Asia Pasifik. Sedangkan Indonesia berperan membangun jaringan lebih luas,” ujarnya kepada Bisnis, Selasa (4/112). Misalnya, menarik negara-negara dari kawasan Teluk untuk bergabung ke dalam ICA Asia Pacific. Negara-negara di kawasan tersebut saat ini mengalami perkembangan di bidang jasa perbankan syariah maupun asuransi syariah. Oleh karena itu, kata dia, Indonesia dan Malaysia melalui Dekopin dan Angkasa harus bersinergi meningkatkan keanggotaan ICA secara khusus kawasan Asia Pasifik. Tidak hanya dari kawasan Tepuk atau Timur Tengah, tetapi juga dari negara lain yang belum menjadi anggota. Menurut Ilham, terpilihnya Ketua Umum Dekopin menjadi Vice President ICA Asia Pacific belum lama ini di Jepang, akan memudahkan tugas-tugas Indonesia dan Malaysia meningkatkan kinerja koperasi di Asia Pacific. Secara politis, eksistensi Nurdin Halid akan berpengaruh terhadap kinerja gerakan koperasi nasional. Untuk kepentingan internasional, misalnya, akan berdampak positif mendorong kinerja koperasi secara umum. ”Kemudian secara internal makin mampu mendorong koperasi-koperasi untuk berkiprah ke tingat yang lebih tinggi, global. “Ini yang kita harapkan dari posisi Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid setelah menjadi Vice President ICA Asia Pacific.” Gerakan koperasi di Asia Pacific ke depan diyakininya makin bergeliat, karena tiga pimpinan ICA yang bercokol sebagai motor pengembangan, merupakan tokoh-tokoh ekonomi terpandang dari kawasan Asia, yakni Indonesia, China, dan India. President ICA Asia Pacific terpilih melalui kongresnya di Kobe, Jepang terdiri dari pimpinan gerakan koperasi dari China dan India. Tugas ICA Asia Pacific dalam masa empat tahun, di antaranya meningkatkan pertumbuhan ekonomi berdasarkan kinerja koperasi. (Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper