Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SURABAYA: PT Trias Sentosa Tbk –produsen kemasan plastik fleksibel-- selama kuartal III tahun ini mengalami penurunan penjualan menjadi hanya Rp1,4 triliun dibandingkan periode sama pada 2011 yang mencapai Rp2 triliun. 
 
Penurunan penjualan diikuti anjloknya laba bersih perseroan yang memproduksi BOPP film dan polyester film itu menjadi hanya Rp57 miliar selama Januari – September tahun ini dibandingkan periode sama pada 2011 tercatat Rp144 miliar. 
 
Presiden Direktur PT Trias Sentosa Tbk Sugeng Kurniawan menyebutkan turunnya penjualan selama kuartal III tahun ini diakibatkan menurunnya harga jual aneka jenis produk film dari perseroan tersebut rata-rata menjadi hanya US$2,88/kg dibandingkan tahun lalu US$3,26/kg. 
 
Menurutnya, kondisi yang kurang menggembirakan itu merupakan dampak atas meningkatnya pasokan produk kemasan plastik fleksibel di pasar domestik maupun global. Hal itu disebabkan produsen kemasan plastik asal China dan India meningkatkan volume produksi, sehingga persaingan pasar menjadi sangat ketat. 
 
”Volume penjualan produk BOPP film selama kuartal III tahun ini masih tumbuh, tetapi karena rata-rata harga jualnya turun, maka berdampak terhadap penurunan nilai penjualan menjadi hanya Rp1,4 triliun dibandingkan kuartal III pada 2011 senilai Rp2 triliun,” ujarnya saat paparan publik PT Trias Sentosa Tbk, hari ini (Rabu, 14 November). 
 
Sugeng menambahkan untuk mengantisipasi semakin ketatnya persaingan, Trias Sentosa diarahkan untuk meningkatkan nilai tambah dengan memproduksi converted film. Selain itu, mencari terobosan pasar ke berbagai benua, selain memfokuskan terhadap penjualan di pasar lokal. 
 
Saat ini Trias Sentosa mengoperasikan pabrik di Waru dan Krian, Kab. Sidoarjo, Jawa Timur, serta di Tianjin, China. Kapasitas produksinya sebesar 97.000 ton/tahun BOPP film dan 29.000 ton/tahun converted film. 
 
”Kendati persaingan produk BOPP film kian ketat akibat pasokannya terus meningkat, kami optimistis dengan pertumbuhan pasar di dalam negeri yang ditandai terus bertambahnya industri asing [pengguna kemasan film fleksibel] yang berinvestasi di sini seperti Nestle dan Unilever,” tutur Sugeng. 
 
Sebanyak 60% dari total penjualan Trias Sentosa ditujukan ke pasar lokal, dan sisanya ke Asia, Eropa, Australia dan AS.(k22/Bsi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Adam A Chevny

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper