Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PERTAMINA Beli 5% Saham Talisman Resources Di Blok ONWJ

JAKARTA: PT Pertamina (Persero), melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), membeli 5,0295% saham Talisman Resources (North West Java) Limited di Blok ONWJ.Dengan begitu, saham Pertamina di Blok ONWJ menjadi 58,2795

JAKARTA: PT Pertamina (Persero), melalui anak usahanya PT Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ), membeli 5,0295% saham Talisman Resources (North West Java) Limited di Blok ONWJ.Dengan begitu, saham Pertamina di Blok ONWJ menjadi 58,2795 %. Sebelumnya, komposisi kepemilikan Blok ONWJ adalah PT Pertamina Hulu Energi ONWJ (selaku operator) sebesar 53,25%, Energi Mega Persada 36,72%, Talisman Resources (N.W Java) Ltd sebesar 5,03%, dan Risco 5%. Kini, Talisman tidak memiliki hak di Blok ONWJ.Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan akuisisi untuk meningkatkan sumber daya yang ada dan produksi di wilayah kerja Blok ONWJ.

“Ini sebagai bagian dari strategi perusahaan untuk pertumbuhan yang agresif di sektor hulu,” kata Ali, Selasa (13/11/2012).Menurutnya, Pertamina telah sukses meningkatkan produksi minyak di ONWJ dari 23.000 barel per hari pada 2009, ketika Pertamina mengakuisisi hak partisipasi BP, menjadi rata-rata 33.000 barel per hari pada saat ini.Akuisisi ini akan menambah produksi Pertamina dari sekitar 1.680 barel per hari minyak dan gas 9,82 MMscfd, atau sekitar 3,380 barel setara minyak per hari. Mengenai berapa nilai dari akuisisi tersebut, Ali mengaku belum bisa mengatakannya karena masih menunggu approval dari regulator.“Kita nunggu keputusan dari pemerintah, nunggu approval, tapi kami sudah selesai dan tandatangan dengan Talisman,” jawabnya.

Ketika ditanya apakah belum diapprove lantaran ada masalah dengan dibubarkannya BP Migas, Ali enggan mengomentarinya.“Yang pasti kita nunggu dari pemerintah sekarang.” Adapun dipilihnya saham Talisman, lantaran pihak Talisman yang memang ingin menjual.Begitu pun dengan Direktur Hulu Pertamina M Husen ketika ditanya berapa nilai investasi atas akuisisi tersebut. “Saya belum tahu ya, belum bisa kasih jawaban,” katanya ketika dihubungi Bisnis hari ini. Yang pasti, kata Husen, semakin banyak saham di blok yang sudah dimiliki Pertamina, akan semakin bagus. (bas)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fajrin

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper