Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

 

DENPASAR: Pengelola Bandara Ngurah Rai Bali, PT Angkasa Pura I Persero menyiapkan seluruh infrastruktur terkait target pemerintah Indonesia memperoleh izin penerbangan langsung ke Amerika Serikat pada 2013. 

Humas Angkasa Pura I Ngrah Rai Sherly Yunita mengatakan persiapan itu dikebut untuk penyediaan infrastruktur bandara. Pengerjaan perluasan bandara Ngurah Rai dikebut untuk mencapai 80% pada akhir 2012, sehingga pada pertengahan 2013 infrastruktur baru bisa digunakan. “Pengerjaan itu untuk memberikan pelayanan yang lebih baik dalam jumlah besar,” katanya kepada Bisnis, hari ini, Selasa 22 Mei 2012. 

Saat ini, tercatat bandara Ngurah Rai beroperasi selama 24 jam dengan puncak kepadatan pada 08.00 WITA hingga 02.00 WITA keesokan harinya. Dalam satu hari, bandara yang dikembangkan dengan dana Rp2,46 triliun ini menjadwalkan 297 jadwal penerbangan dari maskapai domestik dan asing. 

Sherly menjelaskan kepadatan puncak tercatat hanya pada penggunaan terminal atau check in counter saja. Adapun pada runway dan apron atau tempat parkir pesawat masih memungkinkan untuk penambahan slot penerbangan. 

Kepadatan itu terekam pada catatan overload pada terminal kedatangan dan keberangkatan penumpang domestik di Ngurah Rai. Kenaikan tercatat 340% atau menjadi 5,9 juta penumpang selama November 2011. 

Ngurah Rai, lanjutnya, sudah overload dengan estimasi tahunan 6,6 juta penumpang domestik. Angka itu melebihi daya tampung penumpang domestik yang hanya 1,5 juta penumpang per tahun. Tercatat, 175 penerbangan domestik dari Bali maupun menuju ke Bali. Penerbangan itu membanwa sekitar 18.000 penumpang per hari. 

Kepadatan itu masih ditambah lagi dengan wisatawan asing yang juga memadati Ngurah Rai di terminal internasional. Namun, bandara Ngurah Rai masih dapat mengendalikan dengan daya tampung internasional sekitar 6 juta per tahun. Pada catatan harian, Ngurah Rai dipadati sekitar 17.000 penumpang dengan 108 penerbangan internasioal per hari.(msb)

 

BERITA FINANSIAL PILIHAN REDAKSI:

  • TOPIK AKTUAL PILIHAN REDAKSI:

ENGLISH NEWS:

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Matroji
Sumber : Ashari Purwo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper