Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: Indonesia akan menjadi tuan rumah Convention on Pharmaceutical Ingredients Southeast Asia (CPhI SEA), yang berlangsung di Jakarta International Expo Kemayoran Jakarta, pada 10-12 Mei.
 
Pameran niaga bahan baku farmasi ini, akan menampilkan sekitar 221 perusahan dan industri farmasi dari Indonesia, China, Korea, India, Jepang, Eropa, dan Amerika Serikat, serta negara lainnya. 
 
"Nanti akan ada dua paviliun dan China dan satu dari India. China dan India merupakan sumber utama bahan baku farmasi, khususnya untuk bahan baku obat generik," kata Linda Sitanggang, Dirjen Bina Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan, hari ini di Jakarta.
 
Menurut dia, pameran ini juga memberikan kesempatan bagi industri farmasi di Indonesia untuk bisa melihat langsung bagaimana perkembangan industri farmasi asing. Selain itu juga bisa untuk menjalin kerja sama," ujarnya.
 
Sementara itu M. Gandhi, Managing Director ASEAN Business UMB Asia—penyelenggara CPhI SEA 2012, menuturkan bahwa pameran tersebut adalah ajang yang fokuspada industri farmasi, serta membuka peluang mengembangkan jaringan profesional bagi para ahli pengembangan obat dan spesialis lain, di dalam bisnis farmasi.
 
"Pameran ini menawarkan kesempatan unik untuk mengakses pasar potensial, yang mengarah pada pertumbuhan eksplosif. Dari 221 perusahaan yang ikut, 83 diantaranya dari China, dan 54 perusahaan dari India, serta 24 perusahaan dari Indonesia," ujarnya. 
 
Kendrariadi Suhanda, Ketua Pharma Materials Management Club (PMMC) dan Wakil Sekjen Gabungan Pengusaha Farmasi Indonesia (GP Farmasi), menambahkan pasar obat generik diperkirakan berkembang pesat dari sisi nilai dan volumenya, apalagi dengan dukungan dari pemerintah.
 
Menurut dia, diperlukan kebijakan pemerintah dalam mendorong pertumbuhan produk berbiaya rendah dan terjangkau oleh masyarakat.
 
"Indonesia akan mengalami pertumbuhan dua digit, dari US$3,7 miliar pada 2010, menjadi US$6,1 miliar pada 2014. Selain itu kita juga menyumbang sebesar 37% pangsa pasar dari bahan baku obat bagi masyarakat ASEAN. Saya menyambut baik kehadiran CPhI SEA yang pertama di Indonesia ini," ungkapnya. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Adhitya Noviardi
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper