BURSA TENAGA KERJA: Bogor gelar IPB Job Fair

 
Inria Zulfikar | 28 April 2012 22:20 WIB

 

 

BOGOR: Direktorat Pengembangan Karir dan Hubungan Alumni (DPKHA)Institut Pertanian Bogor (IPB) bekerja sama dengan Jobstreet.com yang disponsori oleh PT Astra Agro Lestari, Tbk menyelenggarakan acara bursa kerja bertajuk “IPB Job Fair 2012” pada 27-28 April 2012 bertempat di Gedung Grha Wisuda (GWW) Kampus IPB Darmaga Bogor.

 

Job Fair IPB 2012 bertujuan untuk membekali lulusan perguruan tinggi mengenai persiapan diri memasuki dunia kerja, memfasilitasi kalangan dunia usaha dalam mendapatkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang diperlukan.

 

Selain itu memfasilitasi alumni perguruan tinggi untuk mendapatkan pekerjaan dan membangun hubungan yang sinergis dan saling menguntungkan antara IPB dengan kalangan dunia usaha khususnya dalam penyediaan kebutuhan SDM lulusan yang sesuai kebutuhan.

 

Acara ini dikemas dalam tiga rangkaian acara diantaranya Career Expo yang diramaikan oleh 37 stand perusahaan, presentasi perusahaan dan talkshow “Persiapan Memasuki Dunia Kerja”. Perusahaan yang berpartisipasi terdiri dari perusahaan yang bergerak di bidang Pertanian, Perbankan, Asuransi dan Pembiayaan, IT, Farmasi, Manufaktur.

 

Antusiasme peserta bursa kerja ini sudah terlihat sejak pagi pada hari terakhir  Sabtu 28 April 2012.  Antrian cukup panjang terlihat di depan pintu masuk GWW. Jadi, tidak salah kalau panitia sejak awal menargetkan 3.000 pengunjung akan hadir dalam acara ini.

 

Acara dimulai dengan sambutan dari Direktur Pengembangan Karir dan Hubungan Alumi IPB, Dr. Ir. Dodik Ridho Nurrochmat, M.Sc. F.Trop. Dalam  sambutanya ia mengatakan bahwa acara bursa kerja kali ini mencoba melihat bukan dari segi kuantitas melainkan dari segi kualitas pelamar yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Bursa kerja yang telah 20 kali dilaksanakan sejak 1998 ini dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Prof. Dr. Ir. Yonny Koesmaryono, MS kemarin. Dalam sambutanya, Prof.  Yonny memberikan sedikit wejangan kepada para peserta agar melakukan pekerjaan mulai dari bawah dengan penuh dedikasi sehingga para peserta nantinya dapat mengatasi berbagai masalah persuahaan dengan baik.

 

Beberapa perusahaan besar melakukan pengenalan tentang perusahaan mereka kepada para peserta. Pengenalan terhadap perusahaan-perusahaan ini dilakukan dalam sesi presentasi perusahaan. Hal tersebut dilakukan untuk mewadahi kepentingan perusahaan untuk mensosialisasikan profilnya serta meningkatkan wawasan pencari kerja tentang peluang kerja.

 

Para peserta juga dibekali dengan talkshow “Persiapan Memasuki Dunia Kerja”. Talkshow ini merupakan pembicaraan interaktif yang mengundang beberapa narasumber untuk menjelaskan hal-hal mengenai dunia kerja.

 

Sumber : Herry Suhendra

Tag :
Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top