Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROGRAM AKREDITASI bagi KAP belum tahun ini

JAKARTA: BPK menyatakan program akreditasi terhadap Kantor Akuntan Publik (KAP) pemeriksa keuangan negara tidak akan dilakukan tahun ini karena masih dalam kajian lembaga. Wakil Ketua BPK Hasan Bisri mengungkapkan pengujian KAP melalui program akreditasi

JAKARTA: BPK menyatakan program akreditasi terhadap Kantor Akuntan Publik (KAP) pemeriksa keuangan negara tidak akan dilakukan tahun ini karena masih dalam kajian lembaga. Wakil Ketua BPK Hasan Bisri mengungkapkan pengujian KAP melalui program akreditasi sesuai usulan Anggota baru BPK, Agung Firman Sampurna, masih harus melalui mekanisme pembahasan di rapat badan BPK. "Kira-kira arahnya ke sana [Pelaksanaan akreditasi KAP], tapi belumlah kalau tahun ini," ujar Hasan kepada Bisnis, hari ini, Sabtu, 27 April 2012. Meski demikian, Hasan menuturkan sebenarnya KAP yang ditunjuk BPK untuk mengaudit pengelolaan keuangan negara sudah melewati sertifikasi yang ketat. Selain itu, pihaknya juga melakukan evaluasi secara rutin terhadap seluruh laporan audit keuangan pemerintah. "Sertifikasi sudah dilakukan, karena ada hal yang spesifik tentang pengelolaan keuangan negara," katanya. Anggota BPK Agung Firman Sampurna sebelumnya mengusulkan diadakannya pengujian akreditasi bagi KAP, di samping program sertifikasi. Pengujian perlu dilakukan untuk mengoptimalkan proses pemeriksaan keuangan negara. Dia menyampaikan KAP pemeriksa keuangan negara harus memenuhi dua unsur yakni, kompetensi dan integritas. Kedua komponen bukan merupakan hal yang statis, melainkan mengalami perubahan sesuai perkembangan kondisi tertentu. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erlan Imran
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper