PEMBERDAYAAN UKM: Jember terbitkan surat keterangan usaha

JEMBER: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop dan UMKM) Kabupaten Jember, Jawa Timur menerbitkan surat keterangan usaha (SKU) dan menghibahkan dana Rp550 juta kepada 550 usaha mikro, untuk memotivasi perkembangan sektor usaha tersebut.Pemenuhan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 26 April 2012  |  14:04 WIB

JEMBER: Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Dinkop dan UMKM) Kabupaten Jember, Jawa Timur menerbitkan surat keterangan usaha (SKU) dan menghibahkan dana Rp550 juta kepada 550 usaha mikro, untuk memotivasi perkembangan sektor usaha tersebut.Pemenuhan kebutuhan dana permodalan bagi usaha mikro juga telah dilakukan dengan pembentukan 298 lembaga keuangan mikro masyarakat (LKMM) di tingkat dusun sejak 2006.LKMM sebanyak itu dikucuri dana hibah untuk modal awal senilai Rp7,9 miliar yang kini berkembang menjadi Rp26 miliar.Kepala Seksi UKM Dinkop dan UMKM Kab. Jember Mochamad Syahrul H. mengatakan peningkatan jumlah pelaku usaha mikro di wilayah tersebut cukup pesat sejak beberapa tahun terakhir.

 

Diantaranya bergerak di sektor makanan minuman dan barang-barang kerajinan dengan memanfaatkan potensi lokal a.l. kayu, bambu, peternakan. 

Menurut dia, pertumbuhan usaha mikro perlu mendapatkan perhatian, karena berperan besar dalam mengurangi angka pengangguran sekaligus penyerapan tenaga kerja. 

“Kami belum memiliki data tentang volume usaha mikro, maka kami menerbitkan SKU secara cuma-cuma kepada pelaku usaha tersebut untuk memulai pendataan. Ada 550 SKU telah kami serahkan selama triwulan I tahun ini,” ujarnya, Kamis 26 April 2012.

Selain diberikan SKU, lanjut Syahrul, pihaknya juga mengucurkan dana hibah Rp1 juta per usaha mikro untuk tambahan modal usaha, dengan memanfaatkan anggaran APBD II Kab. Jember.

 

Diharapkan dana tersebut berdampak positif terhadap pengembangan usaha. (ra)

 

>BACA JUGA

-Buana Finance tak terpengaruh ketentuan uang muka

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Adam A .Chevny

Editor : Basilius Triharyanto

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top