MASKAPAI MURAH: Singapore Airlines luncurkan Scoot

JAKARTA: Dalam menghadapi Asean Open Sky tiga tahun lagi, Singapore Airlines Ltd hari ini meluncurkan maskapai penerbangan murah jarak jauh Scoot.
Tusrisep | 24 April 2012 20:58 WIB

JAKARTA: Dalam menghadapi Asean Open Sky tiga tahun lagi, Singapore Airlines Ltd hari ini meluncurkan maskapai penerbangan murah jarak jauh Scoot.

Maskapai itu melayani rute Singapura-Bangkok mulai Juli yang telah digarap Tiger Airways. Mirip duel maskapai pelat merah Indonesia, Garuda melalui Citilink berebut rute dalam negeri dengan Merpati, Scoot dan Tiger Airways sejatinya satu rahim karena sama-sama milik Singapore Airlines "Layanan ini memberikan konektivitas yang lebih untuk para tamu, jadi tamu-tamu kami dari Australia dan China dapat pergi ke Bangkok melalui Singapura," ujar jubir Scoot See Lingling, seperti dikutip dari The Star. Untuk menggarap jalur ini, Scoot menggunakan pesawat jenis Boeing 777-200. Sekali jalan dari Singapura ke Bangkok tiket dibandrol hanya Sin$88 lebih murah dari tarif Tiger Airways saat ini yang mencapai sekitar Sin$200. Dijadwalkan Scoot akan mengudara pada 26 Juni dengan Sydney sebagai tujuan pertama. Scoot mulai jadi pergunjingan setelah tahun lalu, Singapore Airlines mengumumkan akan mengembangkan maskapai murah jarak jauh tersebut sebagai bagian dari strategi untuk menangkap pasar penerbangan regional yang telah didominasi oleh Malaysia AirAsia Bhd dan Lion Air dari Indonesia. Lion Air sendiri akhir tahun lalu bikin heboh seluruh dunia setelah memborong 230 unit Boeing sehingga membuat Presiden Barack Obama turun tangan langsung menyaksikan penandatanganan kesepakatan tersebut di Nusa Dua, Bali. Bos Air Asia, Tony Fernandes secara sinis menuding Scoot sebagai nama yang bodoh melalui Twitternya. Tony menuding ide penerbangan jarak jauh murah yang diusung Scoot meniru gagasan dari AirAsia X, penerbangan murah jarak jauh milik AirAsia. (tw) 

Tag :
Editor : Nadya Kurnia

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top