Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PIRELLI-ASTRA OTOPARTS bangun pabrik ban

JAKARTA: Pirelli Tires SpA dan PT Astra Otoparts Tbk berkomitmen membangun pabrik ban sepeda motor konvensional senilai US$120 juta di sekitar Bekasi, Jawa Barat, pada tahun ini.Rencana itu resmi dituangkan dalam joint venture agreement (JVA) yang ditandatangani

JAKARTA: Pirelli Tires SpA dan PT Astra Otoparts Tbk berkomitmen membangun pabrik ban sepeda motor konvensional senilai US$120 juta di sekitar Bekasi, Jawa Barat, pada tahun ini.Rencana itu resmi dituangkan dalam joint venture agreement (JVA) yang ditandatangani Senior Vice President Pirelli Moto Business Unit Uberto Thun dan CEO Astra Otoparts Siswanto Prawiroatmodjo bertepatan dengan misi perdagangan dan investasi Italia ke Asia, hari ini, 24 April 2012.Penandatanganan tersebut disaksikan Menlu Italia Giulio Terzi, Menteri Perindustrian M.S. Hidayat, Menteri Perdagangan/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Gita Wirjawan dan Duta Besar Italia untuk Indonesia Federico Failla.Direktur Astra Otoparts Tbk (AOP) Robi Sani mengatakan dalam perusahaan patungan ini, Pirelli menjadi pemegang saham mayoritas dengan kepemilikan 60%, sedangkan AOP 40%.Pirelli merupakan produsen ban terbesar kelima di dunia dari sisi penjualan yang memiliki cabang pemasaran lebih dari 160 negara. Saat ini, Pirelli memiliki 21 fasilitas produksi dan mempekerjakan sekitar 34.000 orang.Dari total komposisi modal AOP tersebut, ungkap Robi, sebagian berbentuk modal sendiri (ekuitas) dan sebagian lagi dari pinjaman bank. Namun, dia belum bisa merinci komposisi modal tersebut termasuk kalangan perbankan mana saja yang akan mendanai proyek tersebut."Semua masih dikaji dan belum mendetail. Investasi awal diperhitungkan sekitar US$90 juta tapi membesar jadi US$120 juta untuk 2012 - 2014 karena disesuaikan dengan penambahan lahan dan harga yang terus meningkat," katanya seusai penandatanganan kerja sama hari ini. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper