CHEVROLET Catat Rekor Penjualan Global Kuartal I

 
Inria Zulfikar | 23 April 2012 17:57 WIB

 

JAKARTA: Chevrolet menjual 1,18 juta unit mobil di seluruh dunia pada tiga bulan pertama  tahun 2012, mencatat pertumbuhan 6,5% dibanding kuartal pertama tahun  2011.
 
Hal ini  menandai enam kuartal yang memecahkan rekor penjualan secara berturut-turut untuk merek ini.  Dalam dua tahun kalender terakhir, Chevrolet tumbuh lebih cepat dari merek-merek laris global lainnya, membawanya pada posisi pangsa pasar global hingga 6,3%. 
 
“Jajaran produk kendaraan penumpang, truk, serta crossover dalam sejarah Chevrolet memberi kontribusi penjualan yang memecahkan rekor pada tahun 2011 serta hasil-hasil yang mengesankan selama kuartal pertama tahun 2012,” ujar  Dan Akerson, General Motors(GM) Chairman and CEO, melalui pernyataan resminya  hari ini.
 
“Untuk terus menjaga momentum, GM meluncurkan lebih dari 20 produk mobil utama di tahun 2012, dan sebagian dari yang paling penting adalah Chevrolet, termasuk Sail di Asia, Colorado di Amerika Selatan dan  Spark di Amerika Utara,” kata Akerson.
 
Chevrolet Cruze berada pada jajaran terdepan dengan penjualan global yang mencapai lebih dari 180.000 unit pada kuartal pertama, kenaikan yang hampir mencapai 20% selama tahun 2011, sehingga menjadikannya merek Chevrolet dengan penjualan terbaik di seluruh dunia.  
 
Sedangkan penjualan dari jenis mobil kecil yang baru saja diluncurkan pada tahun 2012 yaitu Aveo/Sonic dan  sedan mid-size Malibu 2013 juga mencatat kenaikan seiring dengan ketersediaan kedua mobil tersebut pada showroom diler yang tersebar luas.
 
Chevrolet mencatatkan kenaikan penjualan signifikan dalam periode yang sama seperti tahun lalu pada empat dari lima pasar utamanya yaitu  di Amerika Serikat,  Chevrolet menjual 448.000 unit kendaraan pada kuartal pertama, naik sebanyak 7,6%.  
 
Penjualan kendaraan penumpang tetap tinggi dengan meningkatnya permintaan mobil hemat bahan bakar seperti Cruze, Malibu dan Sonic.  
 
Di China, Chevrolet mencatat rekor penjualan 162.000 unit kendaraan pada kuartal pertama, mencatat kenaikan sebesar 1,4%, sedangkan di Brasil, Chevrolet tetap mencatat pertumbuhan yang kompetitif, walaupun penjualan turun  4,2%  untuk kuartal pertama, yaitu sebanyak 137.000 unit kendaraan.
 
Sementara itu di Meksiko, Chevrolet menjual 42.000 unit kendaraan pada kuartal pertama, mencatat kenaikan sebesar 14,2% dan di  Argentina, Chevrolet menjual 41.500 unit kendaraan pada kuartal pertama, mencatat kenaikan 21,5% yang mencatat rekor penjualan tersendiri.
 
Chevrolet Eropa menjual 55.104 unit kendaraan untuk Eropa Barat dan Tengah, mencatat peningkatan sebesar 7,8% di tengah industri yang turun 8,7% dibanding tahun lalu.
 
Chevrolet Eropa meraih pangsa pasar terbaik pada kuartal pertama sebanyak 1,36 %, naik dari 1,15 % dibanding kuartal pertama tahun 2011.  
 
Sebagai tambahan atas pencapaiannya di benua Eropa, Chevrolet Eropa berhasil menjual 2.812 kendaraan di Israel untuk tiga bulan pertama di tahun 2012.
 
Peluncuran produk utama Chevrolet lainnya termasuk mid-size SUV Trailblazer di Thailand serta Cruze station wagon di Eropa.  Chevrolet, secara tradisional adalah merek Amerika, saat ini mencatatkan diri dengan penjualan lebih dari 60% di luar pasar Amerika Serikat.  (sut)

Tag :
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top