Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PROYEK GAS: Pertagas tunda Floating Storage di Jateng

JAKARTA: PT Pertamina Gas (Pertagas) menunda kelanjutan proyek FSRU (Floating Storage and Regasification Unit) Jateng seiring dengan perpindahan FSRU Belawan ke Lampung. Dirut Pertagas Gunung Sardjono Hadi mengatakan awal bulan depan, pihaknya akan

JAKARTA: PT Pertamina Gas (Pertagas) menunda kelanjutan proyek FSRU (Floating Storage and Regasification Unit) Jateng seiring dengan perpindahan FSRU Belawan ke Lampung. Dirut Pertagas Gunung Sardjono Hadi mengatakan awal bulan depan, pihaknya akan segera bicara lagi dengan pemerintah untuk membahas kelanjutan proyek ini. "Proyek pipa Semarang-Gresik kita lanjut, tapi kalau yang FSRU kita hold dulu," ujarnya, hari ini. Meski demikian, Gunung mengatakan penundaan proyek FSRU Jateng tidak membatalkan proyek pipa Semarang-Gresik sepanjang 258 km dengan diameter 28 inchi, dengan investasi Rp1,8 triliun. Semula, jaringan pipa itu direncanakan akan mendapat pasokan gas dari FSRU Jateng sekitar 200-250 juta kaki kubik per hari (MMCSFD). Menurut Gunung, pasokan gasnya bisa didapat dari sumber lain. "Bisa macam-macam, bisa dari Blok Cepu nanti kalau sudah terkoneksi kan lebih fleksibel," ujarnya. Gunung mengakui ketidakpastian rencana penyediaan infrastruktur gas berupa FSRU, bisa mengganggu Pertagas secara korporasi. Dalam pengembangan infrastruktur gas nasional, tidak bisa begitu saja diserahkan kepada pelaku bisnis secara b to b, tapi juga perlu campur tangan pemerintah. Di sisi lain, jika FSRU Belawan jadi dipindahkan ke Lampung, maka gas dari Lampung bisa tetap dibawa untuk kebutuhan Pulau Jawa melalui pipa transmisi South Sumatra West Java (SSWJ). "Makanya kita butuh duduk sama-sama, kita lihat neraca gasnya per sektor. Itu harus dilihat secara komprehensif," ujarnya. Kebutuhan LNG untuk FSRU Jateng mencapai 3 juta ton per tahun (MTPA). Proyek yang dioperatori Pertagas itu masuk dalam program MP3EI. (tw) 

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

+ Berita BISNIS INDONESIA hari ini: Akuisisi Danamon bikin CEMAS?

+ HARGA EMAS: Pasar masih GALAU, cuma sedikit GOYANG

+ CHERRY BELLE pecah, WENDA dan DEVI bikin duet baru

+ DAHLAN ISKAN mengintili TIGA PEREMPUAN

+ WISHNUTAMA mau buka RESTO dan bikin EO?

+ INDONESIAN IDOL 2012: DAFTAR LAGU kontes Jumat malam

+ REKOMENDASI: Mau beli SAHAM apa saja?

+ MARKET MOVING: Pupuk Indonesia Obtains Loan Facilities US$900 Million

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper