Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

8 BLOK GAS METANA BATU BARA di Sumatra & Kalimantan dilelang

JAKARTA: Pemerintah hari ini mengumumkan lelang delapan blok Gas Metana Batu bara (Coal Bed Methane/CBM) yang berada di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Hal itu diumumkan oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo di sela-sela acara IndoCBM

JAKARTA: Pemerintah hari ini mengumumkan lelang delapan blok Gas Metana Batu bara (Coal Bed Methane/CBM) yang berada di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Hal itu diumumkan oleh Dirjen Migas Kementerian ESDM Evita Herawati Legowo di sela-sela acara IndoCBM 2012, Kamis, 19 April 2012. "Kedelapan blok CBM yang dilelang itu terdiri dari tiga blok melalui lelang reguler dan lima blok melalui lelang langsung," ujar Evita. Ketiga blok yang ditawarkan melalui lelang reguler adalah pertama blok Air Ogan I di Sumsel, blok Air Ogan II di Sumsel, dan blok Melak Mendung II di Kaltim. Lima blok yang ditawarkan melalui lelang langsung adalah blok Bontang Bengalon di Kaltim, blok Belawa di Kalteng, blok Barito di Kalsel, blok Sekayu II di Sumsel, dan blok Kuala Kapuas I di Kalimantan Tengah. Untuk lelang langsung, pengambilan dokumen bisa dilakukan 4 Juni-18 Juli 2012. Forum klarifikasi pada 11-17 Juli dan pemasukan dokumen penawaran pada 19 Juli 2012.   Sementara itu untuk lelang reguler, pengambilan dokumen dilakukan 4 Juni-1 Oktober 2012. Forum klarifikasi pada 17-28 September 2012 dan pemasukan dokumen pada 28 September 2012.   Berdasarkan data Kementerian ESDM, hingga saat ini pemerintah menandatangani total 50 blok CBM dan 3 diantaranya sudah berproduksi.Ketiga blok CBM yang sudah berproduksi itu jumlahnya 1,2 juta kaki kubik per hari (MMSCFD), terdiri dari blok Sanga-sanga sebesar 0,5 MMSCFD, blok Sangatta sebesar 0,5 MMSCFD, dan blok Sekayu sebesar 0,2 MMSCFD. (tw)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper