PERUMAHAN BURUH: Kemenakertrans janjikan subsidi

 
Jessica Nova | 19 April 2012 18:24 WIB

 

JAKARTA: Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi akan memberikan subsidi perumahan bagi para pekerja/buruh yang tersebar di seluruh Indonesia dalam berbagai program.
 
Bentuk subsidi yang akan diberikan itu adalah subsidi uang muka perumahan, subsidi koperasi pekerja/buruh, dan subsidi iuran jaminan sosial tenaga kerja (jamsostek) bagi pekerja luar hubungan kerja.
 
Menurut Menakertrans Muhaimin Iskandar, subsidi uang muka perumahan akan diberikan kepada sekitar 1.500 pekerja/buruh dengan besaran setiap orang Rp2 juta.
 
“Uang muka tersebut hanya diberikan kepada pekerja atau buruh yang ingin memiliki rumah,” ujarnya hari ini.
 
Sementara itu, untuk subsidi koperasi, pemerintah menyediakan anggaran bagi 250 koperasi khusus pekerja sekitar Rp20 juta per koperasi.
 
Mengenai subsidi iuran jamsostek bagi pekerja di luar hubungan kerja dimaksudkan untuk mengajak pekerja informal agar menjadi peserta jaminan sosial ini.
 
Nantinya, lanjut Muhaimin, disiapkan anggaran bagi 8.000 orang pekerja informal yang akan mendapatkan bantuan iuran sekitar Rp80.000 selama 8 bulan.
 
Muhaimin menuturkan subsidi itu segera disalurkan  kepada pekerja dan disetujui alokasi anggarannya oleh Dewan Perwakilan Rakyat.
 
“Pada tahun ini, pemerintah menyiapkan anggaran pemberian subsidi bagi pekerja dan buruh, bahkan DPR sudah setuju,” jelasnya.
 
Dia menambahkan program subsidi uang muka perumahan bagi pekerja/buruh sebetulnya dimulai sejak 2008, sekaligus untuk mempercepat pembangunan rumah-rumah pekerja di sekitar kawasan industri.
 
Namun, lanjutnya, sempat terhenti dan pada tahun ini Kemenakertrans mengintensifkan lagi program subsidi uang muka perumahan itu. 
 
Saat ini, pemerintah melakukan verifikasi data pekerja/buruh penerima subsidi itu, seperti yang tercatat di serikat pekerja/serikat buruh dan data perusahaan.
 
“Pemberian subsidi akan dikombinasikan dengan subsidi program yang telah diberikan selama ini,” ungkapnya.
Muhaimin berharap pemberian subsidi kepada pekerja/buruh diharapkan dapat membantu kehidupan mereka dan dapat langsung dirasakan manfaatnya. (sut)

Tag :
Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top