Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DANA BLOKIR: PU targetkan cair Mei

JAKARTA: Kementerian PU menargetkan dana yang terblokir Rp3,93 triliun dapat cair pada akhir April, atau paling lambat awal Mei.Sekjen Kementerian PU Agoes Widjanarko mengatakan untuk mempercepat proses pencairan, pihaknya telah membentuk tim khusus

JAKARTA: Kementerian PU menargetkan dana yang terblokir Rp3,93 triliun dapat cair pada akhir April, atau paling lambat awal Mei.Sekjen Kementerian PU Agoes Widjanarko mengatakan untuk mempercepat proses pencairan, pihaknya telah membentuk tim khusus pengkajian dan evaluasi ulang kebutuhan anggaran di masing-masing proyek yang terblokir itu."Mei ini targetnya sudah bisa dicabut blokirnya dan mulai proses pencairan. Tujuannya, agar penyerapan anggaran tidak rendah pada akhir tahun nanti," ujarnya, Rabu, 19 April 2012.Agoes mengatakan kebutuhan anggaran yang terblokir itu umumnya merupakan prioritas dalam belanja modal tahun ini. Kemenkeu diharapkan dapat mencabut semua kode blokir di proyek tersebut.Apalagi, jenis kegiatan yang dilaksanakan umumnya berkaitan dengan pembangunan infrastruktur. Misalnya saja pembangunan jalan, jembatan, dana pembebasan tanah, dan pengelolaan sumber daya air seperti pembangunan irigasi.Menteri PU Djoko Kirmanto mengatakan untuk percepatan pencabutan blokir mereka sudah sejak awal tahun melakukan kajian ulang studi kelayakan masing-masing proyek.Tujuannya, agar tingkat kelayakan proyek bisa dinilai memungkinkan untuk dibangun.  Pasalnya, alasan pemblokiran umumnya karena proyek dinilai tidak layak atau tidak mendesak untuk dibangun.Djoko menjelaskan dana yang terblokir di Kementerian PU saat ini ada sekitar Rp3,93 triliun atau turun dari semulai Rp4,43 triliun."Memang jumlahnya berkurang karena Rp500 miliar dialihkan masuk dana penghematan yang harus dilakukan Kementerian PU sebesar Rp1,52 triliun tahun ini," ujarnya. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Linda Tangdialla
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper