Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BANK DUNIA: Menkeu sambut hangat Jim Yong Kim

JAKARTA: Indonesia berharap kinerja Bank Dunia semakin membaik di bawah kepemimpinan Jim Yong Kim, terutama dalam menempatkan figur-figur yang ideal dan memiliki kapasitas mumpuni dalam mengelola lembaga multilateral tersebut.Menteri Keuangan Agus D.

JAKARTA: Indonesia berharap kinerja Bank Dunia semakin membaik di bawah kepemimpinan Jim Yong Kim, terutama dalam menempatkan figur-figur yang ideal dan memiliki kapasitas mumpuni dalam mengelola lembaga multilateral tersebut.Menteri Keuangan Agus D. W. Martowardojo menyambut baik terpilihnya dokter Amerika Serikat keturunan Korea Selatan, Jim Yong Kim, sebagai Presiden Bank Dunia menggantikan Robert Zoellick.Menurutnya, meskipun latar belakang Kim lebih menguasai bidang kesehatan, tetapi perluasan wawasan dan pengalamannya, sebagai penasihant PBB dan pimpinan sebuah universitas terpandang di AS, sudah memadai untuk memimpin lembaga keungan multilateral.“Jadi kami menyambut baik terpilihnya Mr. Kim dan kalau kemarin ada proses seleksi pasti dipilih berdasarkan prestasi dan meritnya. Jadi kalau Mr. Kim terpilih kami harapkan dia bisa membawa Bank Dunia lebih baik ke depan,” ujarnya di kantor, Selasa, 17 April 2012.Seperti diketahui, Kim merupakan calon yang diajukan Presiden AS Barack Obama yang berhasil mengalahkan calon dari Nigeria, Ngozi Okonjo-Iweala dalam pemilihan Presiden Bank Dunia pada Senin lalu.“Mr. Kim yang didukung AS ini kelihatannya dalam seleksi yang dilakukan oleh eksekutif direktur dari perwakilan negara-negara dunia bisa membuktikan dia mempunyai kompetensi dan prudensial yang baik,” kata Agus.Menyikapi kekalahan Iweala, Agus Martowardojo meminta agar para eksekutif direktur Bank Dunia dari perwakilan negara-negara dunia mempertimbangkan kapasitas dan kemampuan kandidat dalam proses seleksi pimpinan lembaga keuangan multilateral tersebut.“Paling utama kami minta dikaji berdasarkan kemampuan kandidatnya dan kemampuan kandidat itu dalam menjalankan tugasnya,” tegasnya. (Bsi)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA:

+ Harga emas setelah naik turun

+ Gempa 60 kali dalam sepekan

+ Liga Champions: Di balik kekalahan REAL MADRID

+ SIAPA di belakang sepak terjang DAHLAN ISKAN?

+ Batik tulis makin diminati

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper