Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PLN mulai operasikan pembangkit listrik tenaga surya di Morotai

JAKARTA: Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas terbesar di Indonesia, yakni PLTS Morotai berkapasitas 600 kilo Watt peak (kWp) mulai resmi beroperasi sejak Sabtu kemarin (14/4).PLTS Morotai berada di Daruba, Kabupaten Kepulauan Morotai,

JAKARTA: Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas terbesar di Indonesia, yakni PLTS Morotai berkapasitas 600 kilo Watt peak (kWp) mulai resmi beroperasi sejak Sabtu kemarin (14/4).PLTS Morotai berada di Daruba, Kabupaten Kepulauan Morotai, Provinsi Maluku Utara. Peresmian PLTS itu dilakukan oleh Direktur Operasi Indonesia Timur PLN Vickner Sinaga. Vickner mengatakan dengan mengoperasikan PLTS tersebut, PLN bisa menghemat hingga Rp2,5 miliar per tahun.“Dengan beroperasinya PLTS ini, PLN bisa mengurangi penggunaan BBM setiap harinya rata-rata 800 liter, atau ekuivalen penghematan senilai Rp2,5 miliar per tahun,” ujarnya dalam keterangan pers, hari ini.Vickner berharap kehadiran PLTS itu bisa ikut mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kabupaten Kepulauan Morotai. Oleh karena itu dia berpesan agar seluruh masyarakat Pulau Morotai bisa bersama-sama menjaga instalasi kelistrikan itu.Di sisi lain, pemda bersama masyarakat mendukung penuh kehadiran PLTS Morotai dengan menghibahkan tanah seluas 3 hektare, termasuk jalan akses untuk membangun PLTS itu. Selain untuk memenuhi kebutuhan listrik di daerahnya, PLTS Morotai juga diharapkan dapat mendukung pelaksanaan Sail Morotai 2012 yang akan berlangsung pada Mei—September mendatang.Bambang Dwiyanto, Manajer Senior Komunikasi Korporat PLN menambahkan PLN terus membangun PLTS di pulau-pulau terluar Indonesia sebagai upaya mengurangi penggunaan BBM. Selain itu, upaya ini juga untuk mendukung kebijakan energi bersih dan ramah lingkungan.Sebelumnya, PLN telah mengoperasikan PLTS 350 kWp di Pulau Sebatik, Kaltim serta PLTS 100 kWp di Pulau Miangas, Sulawesi Utara. Pengoperasian sejumlah PLTS ini juga merupakan bagian dari program PLN untuk melistriki 100 pulau terdepan di seluruh Indonesia dengan PLTS.Seluruh PLTS itu ditargetkan bisa beroperasi sebelum peringatan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 2012. PLN juga menargetkan bisa melistriki 1.000 pulau di seluruh Indonesia menggunakan PLTS paling lambat pada 2014. (faa)

 

>> BACA JUGA ARTIKEL LAINNYA

+ GEMPA BUMI di Banten

+ Waspadai Penipu berkedok INVESTASI

+ WISHNUTAMA mundur dari TRANS TV

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper