PENGHARGAAN UKM: Tenunan Pandai Sikek rebut Award kain Tenun

 
Muhammad Sarwani | 13 April 2012 20:10 WIB

 

 

JAKARTA: Kementerian Koperasi dan UKM mengumumkan pelaku usaha kecil dan menengah Tenunan Pandai Sikek Yunarti Art dari Sumatra Barat meraih Award Kain Tenun Nusantara 2012 pada Koperasi dan UKM Fesyen & Asesoris Expo 2012 di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan.

 

Penyerahan atas hasil karya kain tenun kategori Gedog Songket tersebut dilakukan Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan (Jumat, 13 April) memasuk hari ketiga pameran khusus untuk produk fesyen dan asesoris unggulan nusantara tersebut.

 

Adapun pemenang kedua dan ketiga diraih UKM Samosir dari Sumatra Utara dan Jula Huba dari Nusa Tenggara Timur. Sjarifuddin Hasan menyerahkan penghargaan kepada perajinnya, masing-masing Mira Muraza Hafid, Lusi Nainggolan dan Welmince Lulu Ratu.

 

Untuk kategori kain tenun gedog ikat, dimenangkan UKM Tobasa dari Sumatra Utara. Pemenang kedua dan ketiga diraih UKM Naomi Collection dari Sumatra Utara dan Jula Huba dari Nusa Tenggara Timur, setelah memenangkan kategori lomba kain tenun gedog songket .

 

Untuk lomba kain tenun yang menggunakan alat tenun bukan mesin (ATBM), dimenangkan UKM Isti Silk dari Sulawesi Selatan. Produk unggulan tersebut hasil karya Ridwan dan berhak menyandang gelar juara menyisihkan dua kompetitornya.

 

Dua UKM yang berhak menyandang gelar peringkat kedua dan ketiga adalah Kelompok Pasir Himpun dari Bandung, Jawa Barat, dan Gallery Sutra Isam dari Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Penghargaan diserahkan Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan.

 

Dewan juri yang menetapkan para pemenang terdiri dari Tuti Cholid (desain), Merdi Sihombing (desainer), Petty S.Fatimah (Femina), Tri Buana Tungga (Lembaga Keuangan), dan Amanda Moersid dari kelompok akademisi (IKJ).

 

Lomba kain tenun dilaksanakan sebagai bentuk apresisiasi pemerintah kepada lembaga swadaya masyarakat (LSM), tokoh masyarakat yang memiliki komitmen dan dedikasi mengembangkan kain tenun di Indonesia.(msb)

 

 

Sumber : Mulia Ginting Munthe

Tag :
Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top