Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KOMITMEN INVESTASI Rp1.400 triliun belum cair

JAKARTA: BKPM mencatat ada komitmen investasi Rp1.400 triliun yang belum direalisasikan karena menunggu pengembangan infrastruktur dan kepastian regulasi, terutama terkait pembebasan lahan.Tamba P. Hutapea, Deputi Perencanaan Penanaman Modal BKPM, menuturkan

JAKARTA: BKPM mencatat ada komitmen investasi Rp1.400 triliun yang belum direalisasikan karena menunggu pengembangan infrastruktur dan kepastian regulasi, terutama terkait pembebasan lahan.Tamba P. Hutapea, Deputi Perencanaan Penanaman Modal BKPM, menuturkan selama 3 tahun terakhir ada Rp2.000 triliun rencana investasi yang sudah mendapatkan persetujuan di tingkat pemerintah pusat.Realisasi penanaman modal baru mencapai Rp600 triliun, sehingga masih ada investasi Rp1.400 triliun yang belum cair dan tinggal menunggu izin pelaksanaan proyek dari pemda."Salah satu yang ditunggu investor berbagai infrastruktur penunjang, seperti energi, pelabuhan dan jalan, serta regulasi pembebasan lahan," ujarnya, Kamis, 12 April 2012.Menurutnya, pemerintah juga perlu melakukan perbaikan regulasi di tingkat pusat dan daerah, terutama terkait tata ruang provinsi dan kabupaten/kota."Pembebasan lahan itu terutama di sektor pertambagan dan perkebunan. Di samping itu masalah internal mereka. Proyek investasi yang mau mereka realisasikan sebenarnya kan sudah siap 3 atau 5 tahun sebelumnya," tuturnya.Tamba memaparkan target realisasi investasi pada 2012 yang ditetapkan BKPM sebesar Rp283,5 triliun, pada 2013 Rp390,3 triliun, dan pada 2014 sebesar Rp506,9 triliun. (04/tw)

 

>>BACA JUGA  ARTIKEL LAINNYA:

* GADGET pintar LG hanya Rp1,2 juta

* Bursa Wallstreet terbakar sinyal THE FED

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Nadya Kurnia
Sumber : Ana Noviani

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper