KEBIJAKAN INVESTASI: Investor besar asing agar masuk ke pengolahan

 
Nancy Junita | 09 April 2012 19:33 WIB

 

 

JAKARTA: Menteri Perindustrian M. S. Hidayat meminta investor besar luar negeri berinvestasi dalam industri pengolahan smelter di Indonesia.

 

Hidayat mengatakan perusahaan raksasa, seperti Mitsui Jepang, saat ini hanya fokus berinvestasi pada sektor energi dan infrastruktur.

 

“Padahal di Jepang mereka bangun [pengolahan] nikel, iron ore dan tembaga. Mentahnya dari sini. Nanti kan sudah dilarang,” kata Menperin setelah menerima Presiden Direktur baru PT Mitsui Indonesia, Keiichi Izumi, hari ini.

 

Pembangunan smelter, menurut dia, harus dilaksanakan mulai tahun ini jika ingin selesai sebelum implementasi larangan ekspor barang tambang dan mineral pada 2014.

 

Hidayat menegaskan pemerintah saat ini fokus mendorong hilirisasi industri berbasis barang tambang agar Indonesia bisa menikmati nilai tambah sumber daya alam yang selama ini diekspor dalam keadaan mentah.

 

Investor dalam industri pengolahan barang tambang, tambahnya, akan diberikan berbagai kemudahan, terutama insentif pengurangan pajak penghasilan atau tax allowance.

 

“Saya juga akan jamin bahan bakunya. Investasinya harus dilakukan di Indonesia, bukan di negaranya [investor asing],” katanya.

 

Hidayat mengatakan jaminan atas ketersediaan bahan baku bisa dilakukan, di antaranya, melalui penerapan pajak atas ekspor atas barang tambang dan mineral.

 

Penerapan bea keluar ekspor produk tambang dan mineral termasuk dalam program akselerasi industrialisasi 2012 Kementerian Perindustrian.

 

Dalam program tersebut Kementerian Perindustrian berniat menerapkan bea keluar sebesar 25% pada tahun ini, yang kemudian dinaikkan menjadi 50% pada 2013 sebelum akhirnya larangan ekspor total diterapkan pada 2014.

 

Bea keluar dibutuhkan untuk mencegah lonjakan ekspor produk tambang dan mineral menjelang implementasi larangan ekspor pada 2014.(msb)

Sumber : Demis Rizky Gosta

Tag :
Editor : Novita Sari Simamora

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top