Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DATA PERDAGANGAN: RI & China bahas perbedaan data

JAKARTA: Pemerintah Indonesia tengah membahas perbedaan data perdagangan dengan China dan berniat mencari solusi melalui peningkatan pengawasan perdagangan internasional. Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan selama ini neraca perdagangan

JAKARTA: Pemerintah Indonesia tengah membahas perbedaan data perdagangan dengan China dan berniat mencari solusi melalui peningkatan pengawasan perdagangan internasional. Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan selama ini neraca perdagangan Indonesia selalu tercatat mengalami defisit terhadap China. Anehnya, pemerintah China juga mengaku terjadi defisit dengan impor Indonesia. "China mengaku datanya defisit, tapi kita juga defisit terhadap China, nah ini di mana salahnya, harus dituntaskan," ujar Hatta usai menghadiri pertemuan bilateral dengan Wakil Perdana Menteri China di Jakarta, Senin, 9 April 2012. Menurut Hatta, perbedaan data perdagangan bisa terjadi karena adanya penyelundupan barang ilegal. Selain itu, dapat pula disebabkan praktik penghindaran pajak dengan memanipulasi transfer pricing. Berdasarkan situs Ditjen Pajak, transfer pricing merupakan harga transfer barang atau jasa yang dikirim perusahaan afiliasi dalam satu grup perusahaan. Pada umumnya, manipulasi data volume barang dilakukan perusahaan multinasional dengan tujuan pergeseran penghasilan kena pajak. Perbedaan neraca perdagangan, Hatta menyampaikan bisa juga terjadi karena penerimaan data yang tidak akurat dari oknum tertentu. "Misalkan apakah produk CPO atau batu bara seharusnya diekspor sepuluh tapi hanya diakui sembilan. Kalau ini terjadi harus diluruskan karena merugikan negara," katanya. Menurut dia, kedua negara tidak perlu menggunakan lembaga independen internasional untuk mengatasi perbedaan data perdagangan. Pemerintah, ujarnya, hanya perlu melakukan penertiban dan peningkatan pengawasan perdagangan, baik ekspor maupun impor. (01/tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Erlan Imran
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper