Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TENAGA KERJA: 1.200 TKI Bali dilepas ke berbagai negara

DENPASAR: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia melepas sedikitnya 1.200 tenaga kerja asal Bali untuk sektor formal dengan total lokasi penempatan di 22 negara.Berdasarkan catatan BNP2TKI, sebanyak 888 tenaga terampil dan

DENPASAR: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia melepas sedikitnya 1.200 tenaga kerja asal Bali untuk sektor formal dengan total lokasi penempatan di 22 negara.Berdasarkan catatan BNP2TKI, sebanyak 888 tenaga terampil dan semiterampil itu dikirim ke AS, Spanyol dan Italia. Sedangkan sisanya untuk penempatan di Kanada, Polandia, Inggris, Turki dan sejumlah negara eropa lainnya.Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan tenaga kerja terlatih itu mayoritas akan bekerja di sektor kelautan, terutama pariwisata. "Mereka akan bekerja di kapal pesiar, kapal kargo, kapal penangkap ikan dan kapal niaga," katanya, Kamis 5 April 2012.Kepala unit kerja BNP2TKI Denpasar I Wayan Pageh menyatakan para TKI itu berasal dari sejumlah kabupaten/kota di Bali. Sebanyak 353 orang dari Badung, 151 orang dari Denpasar, 146 dari Buleleng, 100 dari Tabanan serta sisanya berasal dari Klungkung, Karangasem dan Bangli.Sebelum diberangkatkan, seluruh TKI telah dibekali kartu tenaga kerja luar negeri dan sejumlah surat-surat pendukung sebagai persyaratan kerja."Dengan diberangkatkannya TKI terampil ini, Bali akan memfokuskan pengiriman tenaga kerja dengan pelayanan dan penjaminan keselamatan kerja TKI."Sebelumnya, sebanyak 62 TKI asal Bali yang bekerja sebagai anak buah kapal (ABK) Costa Concordia dinyatakan selamat dari musibah tenggelamnya kapal setelah menabrak karang di perairan Tucsan, Italia.Namun, saat ini mereka telah siap menjalankan tugas kembali setelah menerima uang kerugian serta melengkapi dokumen pelayaran yang ditetapkan perusahaan pemilik kapal pesiar.Beberapa waktu lalu, Anak buah kapal Costa Concordia Kadek Alit Setia Arjana mengatakan setelah seluruh hak dibayar dan pengurusan dokumen kelengkapan tuntas, pelayaran akan segera dilanjutkan dengan kapal lain. Perusahaan pengguna telah menyiapkan kapal pesiar lain untu segera diberangkatan dengan awaknya.Selain membayar penuh hak, katanya, perusahaan pengguna jasa Costa Croceire S.P.A. juga menuntut kami ikut berlayar lagi menyelesaikan kontrak. “Saat ini, seluruh persiapan pengurusan dokumen sudah pada tahap finalisasi.”Kesiapan dokumen itu, lanjutnya, merupakan syarat yang ditetapkan perusahaan pelayaran untuk seluruh ABK, antara lain sertifikasi ABK dan berbagai sertifikat pendukung lainnya. (ra)

 

BACA JUGAProduktivitas nelayan pesisir dipacu

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Matroji

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper