ANGKASA PURA II: 10 Bandara kelebihan beban penumpang

 
Arif Gunawan Sulistyono
Arif Gunawan Sulistyono - Bisnis.com 04 April 2012  |  16:49 WIB

 

JAKARTA: Sepuluh dari 12 bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II sudah melampaui kapasitas tampung atau over capacity  dan Bandara Polonia Medan tercatat paling tinggi yakni sudah terpakai 617% dari kapasitasnya.
 
Jumlah penumpang di Bandara Polonia Medan sepanjang 2011 tercatat sebanyak 7,17 juta orang per tahun, sedangkan kapasitas tampung hanya 1 juta orang.
 
Direktur Utama PT Angkasa Pura II Tri S. Sunoko mengatakan hanya dua bandara yang di bawah pengelolaannya kapasitas tampung terminal penumpangnya masih di bawah kapasitas maksimal, yakni Bandara Sultan Iskandar Muda Aceh, dan Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta.
 
“Dari 12 bandara di bawah pengelolaan kami, ada 10 bandara yang sudah over capacity, dan Bandara Polonia Medan yang tercatat paling tinggi,” tutur Tri dalam diskusi Membedah Kesiapan Bandara Soekarno-Hatta hari ini.
 
Tri menjelaskan dengan kapasitas tampung Bandara Polonia Medan hingga 617% dari daya tampung maksimal, pihaknya bersama-sama dengan Kementerian Perhubungan membangun bandara baru yakni Kuala Namu  yang diperkirakan dapat beroperasi pada tahun depan.
 
Dia menambahkan bandara lainnya yang over capacity paling tinggi adalah Bandara Sultan Thaha Jambi. Jumlah penumpang di bandara ini sudah mencapai 1,01 juta orang atau 305,6%  dari kapasitas tampung terminal yang ada hanya 250.000 orang.
 
Di Bandara Soekarno-Hatta, imbuh Tri, jumlah penumpangnya sudah mencapai 51 juta per tahun pada 2011 atau sudah terpakai 132% dari daya tampung yang ada yakni 22 juta.
 
“Karena Bandara Soekarno-Hatta sudah melampaui kapasitas tampungnya, kami tengah menambah kapasitas terminal tiga yang dimulai tahun ini hingga 2013,” katanya.
 
Dia menjelaskan kapasitas tampung terminal tiga akan menjadi 25 juta per tahun, serta melakukan revitalisasi terminal satu dan dua sehingga akan meningkatkan jumlah penumpang masing-masing 18 juta dan 19 juta per tahun.
 
Menurut Tri, melihat jumlah penumpang Bandara Soekarno-Hatta yang sudah mencapai 51 juta orang pada 2011, bandara ini menempati urutan tertinggi ke-12 dari 30 bandara di dunia dari sisi jumlah penumpang. 
 
Posisi tertinggi pertama dicatat bandara di Atlanta GA, AS dengan jumlah penumpang 92,36 juta, disusul Beijing 77,40 juta dan London 69,43 juta. Bandara Dubai saja menempati urutan di bawah Soekarno-Hatta yakni diurutan ke-13 dengan jumlah penumpang 50,97 orang.
 
Namun dari sisi pertumbuhan, imbuh Tri, jumlah penumpang di Soekarno-Hatta tercatat tertinggi yakni 19,2% per tahun, dan ditempat kedua dicatat Bandara Istanbul Turki 16,3%. Namun ada empat bandara yang mencatat penurunan, bukan bertumbuh, yakni Tokyo minum 2,9%, Houston minus 0,8%, Chicago 0,5% dan Madrid minus 0,4%.
 
Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Herry Bakti S. Gumay mengatakan bandara harus dikembangkan. “Jangan terlambat seperti sekarang, sebelum konsep Aerotropolis saja, kita sudah terlambat.” (sut)
 
*) Untuk membaca berita-berita dan memperoleh referensi terpercaya dari harian Bisnis Indonesia, silahkan klik epaper.bisnis.com. Anda juga bisa berlangganan epaper Bisnis Indonesia dengan register langsung ke Bisnis Indonesia edisi digital. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top