Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

USAHA KECIL: Produk 4.758 UKM Malaysia terima sertifikat halal

 

 

 

KUALA LUMPUR: Pemerintah Kerajaan Malaysia memberikan sertifikasi produk halal kepada sekitar 4.758 pelaku usahaan kecil dan menengah untuk mendorong  dan meningkatkan kinerja kelompok usaha itu ke pasar ekspor, khususnya produk-produk halal.

 

Dato Sri Mohamad, Menteri Perdagangan Internasional dan Industri Malaysia, mengemukakan itu ketika membuka secara resmi Malaysia International Halal Showcase (Mihas 2012) atau Malaysia Halal Week 2012 di Kuala Lumpur Convention Center (KLCC), Malaysia, Rabu, 4 April 2012.

 

”Sejumlah 700 dari perusahaan itu telah aktiv melakukan ekspor berbagai komoditas halal. Nilai ekspor mereka padaaktivitas  tahun lalu mencapai RM35 triliun serta menyumbang 5% dari total volume ekspor keseluruhan yang mencapai RM694 triliun,” katanya.

 

Tujuan utama ekspor Malaysia adalah China, Amerika Serikat, Singapura, Belanda, dan Jepang. Kontribusi dari produk halal UKM Malaysia sekitar RM12 triliun, kontribusi makanan dan minuman sekitar RM12 triliun, dan dari sektor kelapa sawit dan produk keturunannya Rp7 triliun.

 

Pada tahun ini Malaysia melaksanakan dua kali pameran halal. Setelah event pertama ini pada April, agenda kedua rencananya pada Oktober. Negeri jiran ini aktif melaksanakan promosi produk halal melalui pameran, karena berkeinginan menjadi barometer dunia produk halal pada 2020.

 

Menurut dia, bisnis yang terkait produk halal dewasa ini harus dilakuan dengan serius. Sebab kebutuhan produk halal saat ini, khususnya makanan,  meningkat sekitar 16% lebih untuk pasar pasar global, atau pemasarannya mencapai US$661 triliun per tahun.

 

Peningkatan pasar juga terjadi pada produk halal non makanan, termasuk kimia, obat-obatan kesehatan, produk kosmetik, produk perawatan personal, produk farmasi , prosesing makanan serta packaging, dan jasa perbankan maupun financial.(msb)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Sarwani
Sumber : Mulia Ginting Munthe

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper