Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

DAMPAK HARGA BBM NAIK: Kemenhub siapkan subsidi angkot

JAKARTA: Kementerian Perhubungan meminta agar seluruh dinas perhubungan provinsi seluruh Indonesia untuk menyiapkan data angkutan umum terkait rencana pemberian subsidi Rp5 triliun sebagai dampak kenaikan harga BBM bersubsidi.“Saya minta kepada

JAKARTA: Kementerian Perhubungan meminta agar seluruh dinas perhubungan provinsi seluruh Indonesia untuk menyiapkan data angkutan umum terkait rencana pemberian subsidi Rp5 triliun sebagai dampak kenaikan harga BBM bersubsidi.“Saya minta kepada seluruh dinas perhubungan provinsi di Tanah Air agar data angkutan umum segera disiapkan, yang berplat kuning dan yang punya izin,” kata Dirjen Perhubungan Darat Suroyo Alimoeso, Rabu, 28 Maret 2012.Suroyo menjelaskan identifikasi paling mudah melalui koordinasi dengan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda). Hal ini terkait dengan data kendaraan yang bayar pajak, kemudian dievaluasi mana kendaraan yang digunakan untuk angkutan umum.“Kami tidak ingin dana subsidi tidak sampai ke pemilik angkutan umum, jangan sampai terjadi seperti yang lalu-lalu,” ujarnya.Suroyo mengaku dalam pemberian subsidi, pemerintah terkendala bagi angkutan umum milik perorangan. Kalau diberikan melalui assosiasi atau koperasi yang menaungi angkutan umum itu, dikhawatirkan tidak sampai. Karena pengalaman sebelumnya, bantuan seperti itu juga bermasalah."Kalau angkutan umum yang berbadan hukum, gampang, kita tinggal datang melihat jumlah armada, lalu diberikan. Tetapi yang perorangan, ini yang jadi masalah,” katanya.Menteri Perhubungan EE. Mangindaan sebelumnya mengatakan total anggaran yang disiapkan pemerintah lewat APBNP 2012 menjelang penaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi senilai Rp9,8 triliun.(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper