Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRIVATISASI BUMN: 6 BUMN gelar aksi korporasi

 Aksi korporasi 6 BUMN 2012KegiatanBUMNDilego ke BUMN lain    Inti, Sandang Nusantara, Iglas Go publicBaturaja, PTPN VII   Rights issueBTNSumber: Kemenko EkonomiJAKARTA: Sebanyak enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan

 

Aksi korporasi 6 BUMN 2012
KegiatanBUMN
Dilego ke BUMN lain    Inti, Sandang Nusantara, Iglas 
Go publicBaturaja, PTPN VII   
Rights issueBTN
Sumber: Kemenko Ekonomi

JAKARTA: Sebanyak enam Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan melaksanakan aksi korporasi yang mempengaruhi kepemilikan sahamnya sepanjang tahun ini. 

Keenam BUMN itu adalah  PT Industri Telekomunikasi Indonesia (Inti), PT Sandang Nusantara, PT Iglas, PT Semen Baturaja, PT BTN Tbk, dan PT Perkebunan Nusantara  (PTPN) VII.
 
Sebagian saham Inti, Sandang Nusantara, dan Iglas akan dilego ke BUMN lain, sedangkan sebagian saham Semen Baturaja dan PTPN VII akan dilepas ke publik (go public). Adapun BTN akan menerbitkan saham baru (rights issue).
 
Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa mengatakan seluruh dana yang diperoleh dalam aksi korporasi tersebut tidak akan mengalir ke kas negara, melainkan akan dimanfaatkan untuk penambahan struktur permodalan perseroan.
 
“Menteri BUMN telah mengajukan sejumlah perusahaan untuk dilakukan pembahasan oleh Komite Privatisasi. Dari 9 BUMN yang dibahas, 5 akan diprivatisasi,” jelasnya hari ini usai rapat koordinasi bersama Menteri BUMN,Menteri Keuangan, dan Menteri Perindustrian.
 
Adapun, IPO PT Pegadaian yang semula direncanakan pada tahun ini dibatalkan karena mempertimbangkan peran BUMN keuangan itu yang melayani rakyat kecil. Sebagai gantinya, PTPN VII diajukan untuk IPO setelah proses pembentukan induk usaha (holding) BUMN perkebunan selesai. (sut)
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Fazrin
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper