Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

TOL BANJIR: Ruas Tol Merak lumpuh total

 Kronologi bajir di km 57-59 Tol Merak Minggu 15 Januari 2012WIBKejadian00:00   pintu air Bendungan Pamarayan dibuka karena meluap03:00Marga Mandala Sakti menutup ruas jalan tol04:00Air mulai menggenangi ruas jalan tolSumber: PT Marga

 

Kronologi bajir di km 57-59 Tol Merak Minggu 15 Januari 2012
WIBKejadian
00:00   pintu air Bendungan Pamarayan dibuka karena meluap
03:00Marga Mandala Sakti menutup ruas jalan tol
04:00Air mulai menggenangi ruas jalan tol
Sumber: PT Marga Mandala Sakti

 

JAKARTA: PT Marga Mandala Sakti pengelola ruas tol Tangerang-Merak menutup ruas tol tersebut, menyusul terjadinya banjir yang menggenangi disepanjang KM 57-59 tol Tangerang-Merak. 
 
Direktur Utama PT MMS Wiwik Santosa mengatakan penutupan ruas tol dilakukan sejak pukul 3:00 WIB dini hari tadi, setelah arus banjir mulai memasuki wilayah jalan tol.
 
Menurutnya, banjir itu disebabkan oleh meluapnya Bendungan Pamarayan akibat volume air yang berlebih sejak hujan kemarin, dan membuat delapan pintunya dibuka sejak pukul 00:00 WIB semalam sehingga air meluap kewilayah sekitarnya. 
 
Air sendiri mulai masuk ke jalur Sungai Ciujung yang merupakan bagian dari ruas itu sejak pukul 04.00 WIB dini hari tad.
 
"Yang dapat kami lakukan adalah menutup ruas tol karena tidak bisa dilalui karena airnya cukup deras, dan menolong penduduk sekitar yang terkena imbas banjir tersebut," ujar Wiwik di Jakarta hari ini.
 
Dia mengatakan akibat dari penutupan itu perusahaan memang mengalami kerugian karena tidak terjadi transaksi tol sejak semalam hingga saat ini. Akan tetapi, katanya, kondisi itu merupakan force majeur sehingga saat ini perusahan mengutamakan keselamatan pemakai jalan, dan belum memperhitungkan kerugiannya. 
 
Dia menambahkan penutupan tol itu akan dilakukan hingga seksi Balaraja Barat-Ciujung dinilai kondisinya sudah benar-benar bebas banjir dan aman dilalui. Saat inipun, lanjutnya, arus air sudah mulai surut sehingga diharapkan sore nanti banjir sudah tidak ada lagi.
 
Akibat banjir di kilometer 57-59 tersebut, petugas tol dan kepolisian mengalihkan  arus kendaraan dari Jakarta menuju Merak dialihkan keluar Balaraja Barat. Sedangkan yang dari Merak dihimbau untuk keluar di Ciujung. (sut)
 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Linda Tangdialla
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper