Gula darah membuat wajah lebih tua

 
Adhitya Noviardi
Adhitya Noviardi - Bisnis.com 08 Desember 2011  |  11:17 WIB

 

JAKARTA: Hasil riset terbaru tentang kesehatan menyebutkan kadar gula darah tinggi yang diderita dalam jangka waktu yang lama, akan mengakibatkan wajah seseorang nampak lebih tua dari usianya.
 
Sebuah studi bersama antara Leiden University Medical Centre dan R&D Unilever, telah menemukan untuk pertama kalinya hubungan antara kadar gula darah pada manusia dan facial age (usia wajah).
 
Dalam siaran pers yang dikirim PT Unilever Indonesia Tbk, disebutkan studi itu menemukan bahwa orang berusia sekitar 50-70 tahun dengan kadar gula tinggi,  kelihatan lebih tua dari mereka yang berkadar gula darah lebih rendah. 
 
Hasilnya memperlihatkan bahwa untuk setiap kenaikan 1 mmol/liter kadar gula darah, wajah seseorang akan kelihatan lebih tua 5 bulan.
 
Diana van Heemst, Associate Professor di Leiden University Medical Center, mengatakan hasil studi ini semakin menunjukkan pentingnya mengontrol kadar gula darah bagi kesehatan orang di usia paruh baya.
 
Kelihatan lebih muda mungkin bisa menjadi motivasi bagi orang untuk mengubah gaya hidupnya, agar menjadi lebih sehat di sekitar usia 50-70 tahun. 
 
Sementara David Gunn, Ilmuwan Senior di laboratorium R&D Unilever di Colworth Science Park, mengatakan bahwa ini pertama kali dibuktikan  adanya hubungan antara kadar gula darah dan penuaan wajah. 
 
Sudah banyak  riset yang membuktikan bahwa kadar gula darah yang terus menerus tinggi, tidak baik untuk kesehatan. Dan studi kali ini membuktikan bahwa hal tersebut ternyata juga membuat orang tidak kelihatan awet muda.
 
"Meski kita tahu bahwa kadar gula darah yang tinggi bisa menyebabkan penuaan pada wajah, masih dibutuhkan riset lebih jauh untuk mencari tahu apa penyebabnya yang sebenarnya," kata David. 
 
Studi ini, yang sudah diterbitkan di AGE, merupakan inisiatif dari Netherlands Consortium for Healthy Ageing yang bertujuan memahami bagaimana kesehatan dapat dipertahankan saat usia seseorang bertambah.  Dalam riset ini dilakukan tes terhadap kadar gula darah (tanpa puasa) pada lebih dari 600 orang laki-laki dan perempuan di Belanda. 
 
Mereka kemudian difoto, dan 60 orang pengamat lantas diminta memberikan perkiraan mereka terhadap usia orang-orang tersebut berdasarkan foto mereka. Usia yang sebenarnya kemudian dibandingkan dengan hasil pengamatan  tadi. (sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top