Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Perluasan terminal 3 Soetta diprioritaskan

JAKARTA: Pemerintah akan melakukan tiga tahapan pembangunan untuk mencukupi kebutuhan maskapai akan ketersediaan bandara seiring bertambahnya penerbangan ke Jakarta.Menhub EE Mangindaan mengatakan pemerintah akan lebih dulu menjadikan terminal 3 Bandara

JAKARTA: Pemerintah akan melakukan tiga tahapan pembangunan untuk mencukupi kebutuhan maskapai akan ketersediaan bandara seiring bertambahnya penerbangan ke Jakarta.Menhub EE Mangindaan mengatakan pemerintah akan lebih dulu menjadikan terminal 3 Bandara Soekarno Hatta sebagai terminal internasional dengan kapasitas lebih besar.Langkah itu diambil sejalan dengan persiapan pembangunan terminal 4 serta upaya merealisasikan rencana pembangunan bandara di Karawang, Jabar. "Ada 3 step. Mana yang lebih dulu. Karena  ini sudah mendesak sekali. Daripada berharap Karawang masih lama, lebih baik yang duluan. Terminal 3 saya kira 2 tahun  saja selesai," katanya menjawab pertanyaan wartawan di Istana Presiden hari ini. Dia mengatakan PT Angkasa Pura II besok akan memaparkan kepada Kemhub tentang rencana perluasan terminal 3 untuk dijadikan terminal internasional seperti terminal 1 dan terminal 2.Sementara itu, ujarnya, untuk pembangunan terminal 4 masih harus dilakukan pembicaraan masalah terkait pembebasan tanah yang sampai saat ini belum tuntas. Realisasi pembangunan masih membutuhkan waktu."Kalau bicara Karawang, terminal 4 sambil jalan sambil kita siapkan. Namun  perlu ada pembicaraan terlebih dahulu dengan Gubernur Jawa Barat." Untuk rencana pembangunan bandara di Karawang, ujarnya, pemerintah akan melihat lebih dulu tata ruang wilayah tersebut apakah memang juga disiapkan untuk itu. Karawang sendiri dinilai  sebagai lokasi yang menjadi opsi, mengingat jaraknya yang tidak  terlalu jauh dengan Jakarta. "[Namun soal tata ruang] saya pernah tanya gubernur Jabar, justru yang mereka siapkan pemindahan Bandara Bandung Husein Sastranegara ke Majalengka," katanya. (tw)   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin-nonaktif
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper