Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pengetatan likuiditas ancam otomotif

JAKARTA: Upaya pemerintah mendukung langkah Bank Indonesia memperketat likuiditas valas guna mengamankan sektor keuangan dari dampak krisis global justru dinilai dapat mengancam pertumbuhan penjualan otomotif pada 2012.Direktur Pemasaran PT Toyota Astra

JAKARTA: Upaya pemerintah mendukung langkah Bank Indonesia memperketat likuiditas valas guna mengamankan sektor keuangan dari dampak krisis global justru dinilai dapat mengancam pertumbuhan penjualan otomotif pada 2012.Direktur Pemasaran PT Toyota Astra Motor (TAM) Joko Trisanyoto mengatakan jika likuiditas diperketat, perbankan di bawah koordinasi BI yang tak memiliki likuiditas cukup, akan sulit mendapat izin menyalurkan kredit secara berlebihan."Pengetatan likuiditas dan sistem moneter oleh pemerintah akan berimbas pada menurunnya kucuran dana perbankan ke sektor konsumsi, terutama untuk pembelian mobil baru," ujarnya hari ini.Menurutnya, kendati daya tahan ekonomi Indonesia tahun depan diramalkan cukup bagus, kekeringan likuiditas dapat mereduksi penjualan mobil. Jumlah bank dan lembaga pembiayaan nonbank yang bersedia mengucurkan kredit kepemilikan mobil akan berkurang."Jika pun ada, suku bunga pasti akan sangat tinggi. Ini sangat mengkhawatirkan," katanya.Menkeu Agus Martowardojo pada Jumat lalu mengatakan krisis utang di Uni Eropa dan perlemahan ekonomi AS membuat krisis global akan semakin memburuk pada tahun depan.Kondisi tersebut, lanjutnya, membutuhkan pengamanan sistem moneter untuk menahan guncangan di pasar modal dan meningkatkan kepercayaan diri investor. Namun, pengetatan likuiditas bisa mengancam tersendatnya geliat sektor konsumsi di dalam negeri. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Heri Faisal
Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper