Pembangunan Marina Benoa dipercepat

 
Matroji
Matroji - Bisnis.com 02 Desember 2011  |  17:02 WIB

 

DENPASAR: Pengelola pelabuhan di Indonesia, PT Pelindo III mengalokasikan dana senilai Rp3 triliun untuk pembangunan Pelabuhan Marina di Benoa, Bali sebagai upaya perpecapatan dan perluasan pembangunan ekonomi Indonesia koridor V.
 
General Manager Pelindo III Benoa Iwan Sabatini mengatakan dana sebesar itu akan dianggarkan oleh Pelindo III serta dari pihak swasta. 
 
“Saat ini, pembangunan pelabuhan Marina sangat dibutuhkan,” katanya kepada Bisnis, hari ini. 
 
Pada pembangunan pelabuhan Marina ini, lanjutnya, pemetaan perkembangan wisata mancanegara banyak yang menggunakan Kapal Cruise selain dengan Pesawat udara. 
 
Saat ini, pelabuhan Benoa yang berada di selatan kota Denpasar ini mempunya dua dermaga khusus untuk Kapal Cruise. Namun hanya satu yang difungsikan. “Satunya lagi, di selatan, untuk cadangan jika ada kapal yang datang secara bersamaan.” 
 
Pemanfaatan satu port ini, lanjut dia, lebih dikarenakan fasilitas dermaga selatan masih belum memadai untuk pelayanan kapal cruise. Dermaga tersebut lebih sering untuk pelayanan bongkar muat barang.
 
Adapun lalu lintas pelayanan kapal Cruise pada 2011 sudah mencapai 33 shipp call sementara pada  2012 ditargetkan sebanyak 38 shipp call Cruise. (arh)

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top