Pemerintah sebar bimbingan teknis TKI ke daerah

 
Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 01 Desember 2011  |  13:19 WIB

 

JAKARTA: BNP2TKI menggelar bimbingan teknis ke daerah untuk meningkatkan pemahaman tentang program TKI skema kerja sama antarpemerintah atau G-to-G (government to government).
 
Ade Adam Noch, Deputi Penempatan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), mengatakan bimbingan teknis itu dimaksudkan agar informasi program penempatan G-to-G itu merata di semua daerah. 
 
"Pemerataan informasi dapat dengan cara sosialisasi bimtek [bimbingan teknis] agar petugas mengenal penyelenggaraan program G to G [government to government] yang ditangani BNP2TKI," ujarnya hari ini.
 
Menurutnya, bimbingan teknis sangat penting mengingat pelaksanaan seleksi dan rekrutmen calon TKI G to G selama ini cenderung didominasi oleh daerah tertentu, khususnya di Pulau Jawa, baik untuk penempatan ke Korea Selatan ataupun Jepang.
 
"Jadi, sosialisasinya masih dirasakan terbatas pada wilayah-wilayah yang calon TKI G to G terkonsentrasi di Jawa, sehingga untuk daerah lain perlu sosialisasi agar ada kesempatan yang semakin meluas," tuturnya.
 
Ade menjelaskan bimbingan teknis diisi oleh materi seputar tata cara rekrut calon TKI G to G yang diberlakukan BNP2TKI dan juga ihwal seleksi ujian bahasa, serta pengumuman kelulusan.
 
BNP2TKI, lanjutnya, juga memberi pengetahuan aspek lain di antaranya kontrak kerja untuk TKI G to G dan gaji yang diterima TKI selama bekerja di negara penempatan program khusus itu.
 
"Hal lain yang perlu menjadi perhatian juga dibahas serius, yakni agar proses rekrut dan seleksi calon TKI G to G tidak mengalami penipuan calo atau menjadi korban pihak tidak bertanggungjawab saat keberangkatan," ungkapnya.
 
Ade menambahkan selain Korea Selatan dan Jepang, BNP2TKI kini menjalankan kerja sama G to G dengan Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste untuk penempatan tenaga kerja bidan.
 
Penempatan TKI ke Korea Selatan terkait pekerjaan di sektor manufaktur, perikanan, konstruksi, pertanian, dan sektor jasa.
 
"Untuk sistem G-to-G dengan Pemerintah Jepang, BNP2TKI menempatkan TKI nurse [perawat rumah sakit] dan careworker [perawat lanjut usia]," tegasnya. 
 
Pada semester II/2011, bimtek program G to G diadakan dua kali, yakni di Pekanbaru, Riau pada 13-16 November 2011 dan di Bali, 27-30 November lalu.(sut)
 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top