Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

JAKARTA: BNP2TKI menggelar bimbingan teknis ke daerah untuk meningkatkan pemahaman tentang program TKI skema kerja sama antarpemerintah atau G-to-G (government to government).
 
Ade Adam Noch, Deputi Penempatan BNP2TKI (Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia), mengatakan bimbingan teknis itu dimaksudkan agar informasi program penempatan G-to-G itu merata di semua daerah. 
 
"Pemerataan informasi dapat dengan cara sosialisasi bimtek [bimbingan teknis] agar petugas mengenal penyelenggaraan program G to G [government to government] yang ditangani BNP2TKI," ujarnya hari ini.
 
Menurutnya, bimbingan teknis sangat penting mengingat pelaksanaan seleksi dan rekrutmen calon TKI G to G selama ini cenderung didominasi oleh daerah tertentu, khususnya di Pulau Jawa, baik untuk penempatan ke Korea Selatan ataupun Jepang.
 
"Jadi, sosialisasinya masih dirasakan terbatas pada wilayah-wilayah yang calon TKI G to G terkonsentrasi di Jawa, sehingga untuk daerah lain perlu sosialisasi agar ada kesempatan yang semakin meluas," tuturnya.
 
Ade menjelaskan bimbingan teknis diisi oleh materi seputar tata cara rekrut calon TKI G to G yang diberlakukan BNP2TKI dan juga ihwal seleksi ujian bahasa, serta pengumuman kelulusan.
 
BNP2TKI, lanjutnya, juga memberi pengetahuan aspek lain di antaranya kontrak kerja untuk TKI G to G dan gaji yang diterima TKI selama bekerja di negara penempatan program khusus itu.
 
"Hal lain yang perlu menjadi perhatian juga dibahas serius, yakni agar proses rekrut dan seleksi calon TKI G to G tidak mengalami penipuan calo atau menjadi korban pihak tidak bertanggungjawab saat keberangkatan," ungkapnya.
 
Ade menambahkan selain Korea Selatan dan Jepang, BNP2TKI kini menjalankan kerja sama G to G dengan Pemerintah Republik Demokratik Timor Leste untuk penempatan tenaga kerja bidan.
 
Penempatan TKI ke Korea Selatan terkait pekerjaan di sektor manufaktur, perikanan, konstruksi, pertanian, dan sektor jasa.
 
"Untuk sistem G-to-G dengan Pemerintah Jepang, BNP2TKI menempatkan TKI nurse [perawat rumah sakit] dan careworker [perawat lanjut usia]," tegasnya. 
 
Pada semester II/2011, bimtek program G to G diadakan dua kali, yakni di Pekanbaru, Riau pada 13-16 November 2011 dan di Bali, 27-30 November lalu.(sut)
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Jessica Nova
Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper