Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Produksi pakan ternak lebihi 10,5 juta ton

JAKARTA: Produksi pakan ternak tahun ini diperkirakan akan lebih dari 10,5 juta ton, naik dibandingkan dengan tahun lalu 9,7 juta ton.Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) Sudirman mengatakan produksi pakan unggas mencapai 85% mencakup

JAKARTA: Produksi pakan ternak tahun ini diperkirakan akan lebih dari 10,5 juta ton, naik dibandingkan dengan tahun lalu 9,7 juta ton.Ketua Umum Gabungan Pengusaha Makanan Ternak (GPMT) Sudirman mengatakan produksi pakan unggas mencapai 85% mencakup pakan ayam petelur, ayam pedaging, bebek, dan puyuh. Produksi pakan udang dan ikan mencapai 500.000 ton, sedangkan sisanya, pakan sapi dan babi.Kebutuhan jagung pabrik pakan ternak 5,5 juta ton per tahun. Jagung memiliki komposisi 50% dari pakan ternak, sisanya dari sumber laian seperti bekatul dan kedelai.Sekretaris Perusahaan PT Sierad Produce Tbk Elies Lestari mengatakan produksi pakan ternak perusahaan itu pada tahun ini 500.000 ton."So far kami masih in line dengan dengan target kita yakni sekitar 500.000 ton," ujarnya kepada Bisnis hari ini.Data BPS menunjukkan impor jagung pada Januari-Agustus sebanyak 2,2 juta ton. Angka ramalan III/2011 BPS mencatat produksi jagung tahun ini turun sekitar 1,1 juta ton atau 5,99% menjadi 17,23 juta ton pipilan kering dibandingkan dengan tahun lalu.Penurunan produksi diperkirakan karena penurunan luas panen seluas 261.820 ha atau 6,34%, sedangkan produktivitas diprediksi naik 0,16 kuintal per ha atau naik 0,36%. (tw)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nadya Kurnia

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper