Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hutan lindung Sungai Wain dipagari 47 kilometer

BALIKPAPAN: Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) telah dipagar sepanjang 47 kilometer atau 80% dari keliling hutan guna melindungi satwa yang ada di dalam hutan lindung tersebut.Direktur Badan Pengelola HLSW dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar Purwanto

BALIKPAPAN: Hutan Lindung Sungai Wain (HLSW) telah dipagar sepanjang 47 kilometer atau 80% dari keliling hutan guna melindungi satwa yang ada di dalam hutan lindung tersebut.Direktur Badan Pengelola HLSW dan Daerah Aliran Sungai (DAS) Manggar Purwanto mengatakan pemagaran tersebut telah dilakukan sejak 2008. “Menyerap dana sekitar Rp1 miliar hingga Rp2 miliar per tahun untuk pemagaran tersebut,” ujarnya hari ini.Pagar tersebut dibuat melingkar disekeliling hutan dengan kawat besi agar satwa tidak bisa dengan bebas melintas menuju daerah luar hutan. Nantinya apabila telah terpagar secara keseluruhan diharapkan bisa melindungi satwa tersebut karena fungsi pagar tersebut menengah satwa tersebut untuk tidak keluar dari hutan tersebut.Purwanto mengatakan sumber dana pemeliharaan HLSW sepenuhnya masih mengandalkan APBD Kota Balikpapan sekitar Rp3 miliar per tahun. Selain itu, ada pula bantuan kendaraan operasional dari pihak ketiga seperti perusahaan untuk melakukan pengawasan di dalam hutan.Luasan hutan ini juga direncanakan ditambah seluas 4.500 hektare agar bisa memaksimalkan fungsi hidrosistem hutan bagi kawasan Balikpapan. Dengan penambahan tersebut diperkirakan luas hutan tersebut menjadi sekitar 15.000 hektare. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Dara Aziliya
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper