Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

7 Provinsi dapat penghargaan Investment Award

JAKARTA: Sebanyak tujuh provinsi memperoleh penghargaan Investment Award 2011 dari Badan Koordinasi penanaman Modal (BKPM).Tujuh provinsi yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Aceh, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah,

JAKARTA: Sebanyak tujuh provinsi memperoleh penghargaan Investment Award 2011 dari Badan Koordinasi penanaman Modal (BKPM).Tujuh provinsi yang mendapatkan penghargaan tersebut adalah Aceh, Jawa Tengah, Kalimantan Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, serta Sumatra Barat.Kepala BKPM Gita Wirjawan menuturkan pemberian penghargaan dimaksudkan untuk mengapresiasi daerah-daerah yang ramah dengan investasi. Ada sejumlah indikator yang menjadi acuan dalam menetapkan berbagai daerah tersebut.“Beberapa indikator yang menjadi acuan penilaian di antaranya proyek yang ditawarkan kepada investor, kesiapan sumberdaya manusia, hingga pada sarana dan prasarana untuk menunjang investasi,” ujarnya hari ini.Gita menyatakan melalui pemberian penghargaan ini, diharapkan daerah-daerah lain ikut terpacu untuk menarik investasi. Bagaimanapun, peran pemerintah daerah dalam menarik pemodal cukup signifikan dalam ketatnya persaingan belakangan ini.Selain provinsi, BKPM juga memilih tiga kabupaten dan kota se-Indonesia yang terbaik dalam pelayanan investasi.Di level kabupaten, tiga daerah yang memperoleh penilaian terbaik adalah Rokan Hulu, Indragiri Hulu serta Ogan Komering Ilir. Tiga kabupaten tersebut adalah bagian dari 20 nominator kabupaten yang mendapatkan penilaian terbaik.Untuk kota, tiga yang terbaik adalah Pare-Pare, Dumai, serta Surakarta. Daerah-daerah tersebut berhasil emnyingkirkan tujuhnominator lainnya sebagai kota yang terbaik dalam pelayanan investasi. Pemerintah mematok investasi langsung pada 2012 mencapai Rp280 triliun, atau naik 16,66% dari target tahun ini sebesar Rp240 triliun.Sementara itu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa menambahkan prospek perekonomian nasional yang menjanjikan pertumbuhan akan menarik minat investor menanamkan modalnya di Indonesia.“Ada trend modal melakukan flight to safety dan flight to quality, atau mencari tempat yang aman dan memiliki prospek bagus. Indonesia masuk ke dalam kriteria tersebut,” ujarnya.Beberapa sektor yang potensial menanamkan investasinya di antaranya financial, serta migas. Di luar itu, ada beberapa sektor lain yang potensial dibidik investor. Terkait dengan target investasi tahun ini, Kepala BKPM menyatakan bahwa pihaknya optimistis bisa mencapai target yang telah ditentukan.(api) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper