Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

 

DENPASAR: Pengembangan pelabuhan kapal pesiar Tanah Ampo di Kabupaten Karang Asem, Bali termasuk salah satu proyek Master Plan Perluasan Pembangunan  Indonesia atau MP3I.
 
Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Leon Muhamad mengatakan proyek tersebut untuk menjawab tantangan MP3I (Masterplan Percepatan Pembangunan dan Perluasan Pembangunan Indonesia), khususnya dari bidang percepatan industri pariwisata.
 
Menurut dia, proyek ini sudah dimulai sejak 2006 dan sekarang pelabuhan itu sedang tahap persiapan operasional. 
 
"Tetapi kami masih akan mengembangkannya lagi," katanya tadi malam.
 
Dia menjelaskan sejauh ini rencana operasional sudah dilakukan dengan penunjuk PT Pelindo III sebagai operator sebelum nantinya ditunjuk melalui tender. "Sementara Pelindo III," tegasnya.
 
Proyek pelabuhan Tanah Ampo ini awalnya diusulkan oleh pemerintah kabupaten Karang Asem kepada Bappenas yang kemudian dilanjutkan dengan pelaksanaan study kelayakan yang melibatkan Kemenhub.
 
Pada 2007 hingga 2009, telah dilaksanakan pembangunan dermaga dan lapangan penumpukan melalui dana APBN dan APBD. Pemda sejauh ini berkontribusi menyiapkan lahan, sedangkan pemerintah pusat membangun dermaga dan lapangan penumpukan.
 
Dalam jangka panjang, fasilitas pelabuhan akan dikembangkan dengan menambah dermaga baru sepanjang 300 meter sehingga bisa disandari kapal pesiar besar serta  pengembangan kawasan penunjang seluas 25 hektar.
 
Saejumlah investor pun mulai tertarik. Mereka  berasal dari Singapura, Turki, Australia, China. (sut)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper