Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

AP1 targetkan dongkrak indeks kepuasan pelanggan

JAKARTA: PT Angkasa Pura I menargetkan dapat mendongkrak  indeks kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index yang dimilikinya dari 3,57 menjadi di kisaran 4 dalam skala Likert. Caranya dengan mengembangkan bandara yang di bawah naungannya

JAKARTA: PT Angkasa Pura I menargetkan dapat mendongkrak  indeks kepuasan pelanggan atau Customer Satisfaction Index yang dimilikinya dari 3,57 menjadi di kisaran 4 dalam skala Likert. Caranya dengan mengembangkan bandara yang di bawah naungannya serta mendirikan Pusat Pelatihan Kebandarudaraan."CSI (Customer Satisfaction Index) di bandara-bandara yang dikelola AP I masih rendah. Kami bekerja keras angka itu ditingkatkan. Apalagi Airport Consul International (ACI) akan mengevaluasi beberapa bandara yang kita miliki tak lama lagi, kita tak ingin CSI makin jeblok," ungkap Direktur Utama AP I Tommy Soetomo seusai meresmikan Pusat Pelatihan Kebandaraudaraan yang diberinama Excellent Centre di Jakarta, Rabu.Dia menambahkan bandara-bandara yang akan dievaluasi adalah Ngurah Rai, Hasanuddin, dan Juanda. "Organisasi ini mengevaluasi segala aspek di bandara yang terkait dengan kepuasan pelanggan. Bahkan ada juga yang dihitung sesuatu di luar kuasa pengelola airport seperti waktu check in dan pengambilan bagasi dimana merupakan tanggung jawab ground handling," jelasnya.Direktur Personalia dan Umum AP I Yushan Sayuti menambahkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) juga akan ditingkatkan dalam rangka mencapai tiga target perseroan yakni layanan memuaskan, eksploitasi omset non aeronautika, dan peduli lingkungan."Kami mengalokasikan dana sebesar Rp28 miliar  untuk pengembangan SDM. Sekarang AP I memiliki kampus pusat pelatihan SDM kebandaraudaraan bertaraf internasional yang akan mencetak SDM andal," katanya.Dia menambahkan pada kampus Excellent Center (Excell) akan diselenggarakan diklat untuk managerial muda, madya, dan utama bagi 3.700 karyawan. Lembaga ini kontennya bekerjasama dengan konsultan SDM Dunamis."Dalam dua tahun akan dicetak 200 manajer muda yang terbagi dalam 6 angkatan. Per Diklat anggarannya 400 juta rupiah," katanya.Selain itu, lanjut dia, pada 11 Juli 2011, AP I telah mengirimkan 25 orang senior manager setingkat di bawah direksi untuk mengikuti management course batch I di Incheon Human Resources Academy (IIAC).(api)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper