Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Medco tertarik aset Exxon di Aceh

JAKARTA: PT Medco Energi Internasional Tbk menyatakan tertarik dengan aset berupa lapangan gas Arun serta fasilitas operasi produksi gas dan LNG di Aceh yang saat ini ditawarkan ExxonMobil.Dirut Medco Energi Lukman Mahfoedz mengatakan pihaknya sebagai

JAKARTA: PT Medco Energi Internasional Tbk menyatakan tertarik dengan aset berupa lapangan gas Arun serta fasilitas operasi produksi gas dan LNG di Aceh yang saat ini ditawarkan ExxonMobil.Dirut Medco Energi Lukman Mahfoedz mengatakan pihaknya sebagai operator Blok A di Aceh sangat tertarik dengan tawaran itu karena fasilitas produksinya bisa diintegrasikan dengan Blok A."Kami sedang serius melihat kesempatan untuk mengambil tawarannya Exxon. Kenapa Arun? Karena kami lihat, kami akan sinergikan dengan Blok A. Upstream facilities-nya Exxon itu tidak jauh dengan Blok A," ujar Lukman ketika ditemui di sela-sela Peringatan Hari Jadi Pertambangan dan Energi ke-66 di Taman Mini Indonesia Indah hari ini.Meski demikian, Lukman mengaku belum mengetahui secara pasti nilai tawaran aset-aset tersebut. Namun Medco sudah menyiapkan dana untuk itu. Yang jelas, saat ini Medco menunggu Exxon untuk mengadakan diskusi komersial yang lebih serius."Nilainya belum tahu, kami sedang menunggu panggilan untuk membahas diskusi komersialnya [dengan Exxon]. Kami masih menunggu undangan dari mereka," ujarnyaExxon sejak awal Agustus memasarkan saham-sahamnya di tiga perusahaan yang berkaitan dengan operasi produksi gas di Aceh dan operasi produksi LNG. Ketiga perusahaan tersebut adalah Mobil Exploration Indonesia Inc, ExxonMobil Oil Indonesia Inc dan Mobil LNG Indonesia Inc.Pada 2010, aset yang dipasarkan itu memproduksikan gas rata-rata setiap tahunnya 215 juta kaki kubik gas (net) beserta associated liquids. Aset tersebut termasuk lapangan Arun dan satellite fields di Arun serta lapangan North Sumatera Offshore (NSO).Saat ini Exxon memiliki 100% saham di fasilitas produksi Aceh dan bertindak sebagai operator. Exxon memiliki tiga lapangan gas darat berdasarkan 2 PSC yakni Arun, South Lhoksukon (SLS) A dan D serta lapangan gas lepas pantai di North Sumatera Offshore (NSO) A. (tw) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper